Sering mengalami sakit kepala yang berat dan kram

R Info Penanya: R, Wanita, 20 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya... Jika saya sering mengalami sakit kepala yang sangat berat, terasa berat di bagian kanan dan belakang. Itu kenapa ya dok? Dan kaki saya sering banget keram serta kesemutan, bahkan betis berasa membengkak atau kaku gitu dok. Dan saya sering mengalami keram di bagian tubuh lain seperti tangan bahkan perut. Setiap pagi bangun tidur sering ngerasa lemes. Lelah padahal sudah istirahat, susah tidur, juga dada sering terasa sakit, sesak juga dok. Itu kenapa ya dok? Mohon bantu di jawab. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R,

Sakit kepala dapat dipicu oleh banyak penyebab dimana sakit kepala ada dua jenis yaitu sakit kepala primer dimana disebabkan gangguan pada kepala itu sendiri atau sakit kepala sekunder yang dipicu oleh gangguan organ atau penyakit lainnya. Sakit kepala pada bagian belakang kepala sendiri dapat disebabkan oleh aktivitas sehari-hari, postur tubuh yang kurang baik saat beraktivitas, migrain, otot yang tegang pada area leher dan pundak, peradangan sendi, sakit kepala tipe tegang, stres dan lainnya. 

Kram otot sendiri juga dapat saling berkaitan dimana kram otot dapat memicu timbulnya sakit kepala. Kram otot dapat dipicu oleh beberapa kondisi seperti kadar elektrolit yang tidak seimbang, kurang asupan cairan tubuh, kurang tidur, kelelahan, aktivitas fisik berat, stres, akibat konsumsi obat tertentu. 

Untuk itu agar dapat mengatasi penyebabnya perlu dilakukan perubahan gaya hidup dengan memperbaiki postur tubuh saat beraktivitas, melakukan relaksasi dengan mandi air hangat atau massage ringan, berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, cukupi kebutuhan cairan tubuh, mengonsumsi obat pereda nyeri atau menggunakan salep atau krim pereda nyeri, dan tentunya memeriksakan diri pada dokter untuk mencati tahu penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wajah yang berjerawat bisa jadi salah satu tanda kurang tidur

9 Tanda Kurang Tidur yang Wajib Anda Ketahui

Waktu tidur 7-8 jam sehari terkadang sulit untuk dipenuhi. Tidak jarang, hal ini sudah menjadi kebiasaan sehingga tanda kurang tidur menjadi tidak disadari.