Sering mengalami sakit kepala sebelah

DA Info Penanya: DA, Wanita, 23 Tahun
Selamat pagi dokter saya umur 23 tahun , saya sering mengalami sakit kepala sebelah akhir akhir ini kira kira itu karna apa ya dan , saya tidak biasa minum obat warung juga jadi cuma di gosok pake balsem aja kepala nya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DA,

Sakit kepala pada salah satu sisi kepala dapat timbul akibat gangguan dari kepala itu sendiri atapun dipicu adanya gangguan kesehatan lain. Penyebabnya sendiri seperti:

  • Migrain, yang bisa timbul didahului dengan tanda seperti mencium bau tertentu, melihat cahaya, ataupun tanpa tanda
  • Sakit kepala cluster yang bisa sampai menimbulkan sakit kepala hebat hingga keluar air mata dan cairan dari hidung, terasa di sekitar mata
  • Tekanan darah rendah
  • Kurang istirahat atau kurang tidur
  • Gangguan psikis seperti cemas, stres
  • Pengaruh hormonal seperti memasuki masa menstruasi
  • Penyebab lainnya

Untuk mengatasi sakit kepala sebelah bisa dengan memperhatikan apa pemicu timbulnya sakit kepala, cukup beristirahat, tidak melewatkan waktu makan, mengonsumsi obat pereda sakit kepala seperti paracetamol dan juga bisa melakukan relaksasi dengan pijatan ringan, mandi air hangat, ataupun juga dengan mengonsumsi jahe hangat, suplemen atau makanan yang kaya vitamin B kompleks. Jika tidak ada perbaikan perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter atau dokter spesialis saraf sehingga bisa ditegakkan diagnosa pasti dan diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab pusing yang dialami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang dikonsumsi.

Ternyata Pusing Bisa Disebabkan Obat dan Alergi, Ini Alasannya

Seringkali Anda mengalami pusing tanpa mengetahui penyebabnya. Tanpa disadari, penyebab pusing yang Anda alami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang Anda konsumsi.