Sering mengalami sakit kepala dan tubuh sering merasa lelah. Merasa cemas, stres dan tidak ingin berbaur dengan orang disekitar. Apakah gejala psikosomatik?

B Info Penanya: B, Wanita, 26 Tahun
dok saya ingin bertanya,saya sering sekali mengalami sakit kepala dan juga tubuh saya sering sekali merasa kelelahan walaupun sudah tidur dengan cukup. saya juga akhir akhir ini merasa cemas, strees dan tidak ingin berbaur dengan orang disekitar saya sehingga kerap menyendiri di kamar. apakah hal ini merupakan gejala psikosomatik ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, B

Terima kasih atas pertanyaannya.

Stres dapat memberikan dampak terhadap tubuh seperti otot tegang, berdebar-debar dan nafas cepat. Karena respon tubuh mengeluarkan hormon akibat kondisi yang menyebabkan stres. Hormon yang dimaksud adalah adrenalin. Bila adrenalin tinggi dalam waktu lama dapat menyebabkan gangguan tidur, mudah sakit, melemahkan tulang dan otot.

Selain itu stres juga mengakibatkan sakit perut dan mual-mual, diare atau sembelit, mulas dan peningkatan asam lambung. Sakit kepala, leher dan bahu menjadi tegang. Gangguan menstruasi, penurunan libido dan masalah pernapasan seperti sesak nafas. Selain itu juga bisa menyebabkan peningkatan gula darah dan akhirnya menjadi faktor resiko diabetes.

Berikut saya lampirkan artikel mengenai cara mudah mengatasi stres. Anda juga bisa konsultasi dengan Dokter, Psikolog atau Terapis untuk mengurangi gejala dari stres.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada juga orang yang fobia pada keramaian atau tempat umum

Kenali Apa Itu Fobia dan Jenis-jenisnya

Fobia pada ketinggian atau petir mungkin merupakan hal yang terbilang umum. Namun ada juga orang yang fobia terhadap hal yang terlihat sangat tidak membahayakan seperti tanaman atau warna tertentu. Apakah fobia unik dan terbilang langka tersebut bisa disembuhkan?