Sering mengalami dejavu dan merasa sepi ditengah keramaian dan susah tidur

K Info Penanya: K, Pria, 19 Tahun
Sering ngalamin dejavu, ngerasa sepi ditengah keramaian, susah tidurItu kenapa ya kayaknya ada yang aneh pada diri saya ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang K,

Kondisi yang Anda alami dapat berkaitan dengan adanya permasalahan secara psikologis dimana stres menjadi salah satu pemicunya. Dejavu atau pernah melihat kejadian serupa dapat dipicu oleh stres dan kelelahan yang dapat membuat hilang konsentrasi sehingga terasa seperti pernah melihat kejadian yang berulang. Selain itu dejavu juga dapat dipicu oleh gangguan informasi di otak dalam mengingat kembali kejadian yang sudah dialami. 

Permasalahan mental yang dapat dipicu oleh stres sendiri beragam seperti panik, cemas, depresi, ataupun sampai yang lebih berat hingga menimbulkan gangguan membedakan realitas. Selain menimbulkan masalah mental juga dapat memicu permasalahan fisik seperti sulit tidur, kehilangan nafsu makan, badan merasa kelelahan, ataupun menimbulkan masalah fisik lain. 

Untuk itu perlu mencari tahu kondisi apa yang menjadi penyebab permasalahan yang dihadapi, upayakan memiliki teman untuk berbagi cerita agar membantu melegakan perasaan dan mengatasi masalah. Jika masih sulit dan keluhan mengganggu aktivitas sehari-hari periksakan diri pada dokter ahli psikiatri atau psikolog agar dilakukan evaluasi dan penanganan lebih lanjut seperti konseling ataupun pengobatan jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel kesehatan kami mengenai cara mengatasi sulit tidur.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara melatih mental bisa membantu Anda lebih kuat dalam menghadapi masalah

7 Cara Melatih Mental untuk Dapatkan Mental yang Kuat

Tidak hanya ketahanan fisik, kekuatan mental juga penting untuk keberlangsungan hidup kita. Karena itu, mengikuti cara melatih mental ini dapat menjadi langkah awal, agar Anda siap untuk menghadapi berbagai rintangan dan tekanan yang tidak bisa dielakkan dalam kehidupan.