sering mengada ada disertai marah dan terkadang ada saatnya diam penurut dan baik

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 2019 Tahun
"Dokter, saya ingin bertanya. Saya mempunyai bapak yang saya anggap mengalami depresi dan trauma. Dulu keluarga saya pernah di tipu hingga kehilangan banyak uang,dan kluarga saya sudah tidak harmonis. Bapak saya selalu menyalahkan ibu saya. Dan ketika sangat marah bapak saya bahkan membawa batu, terakhir kali beliau membawa pisau, untung saya bisa mencegah. Bapak saya juga trkadang mengada ngada sesuatu yg tidak diketahuinya, beliau sering berkata kotor. Tetapi ada saat nya beliau diam, penurut, dan baik, dan ada kalanya beliau memperlihatkan betapa sayang nya ia kpda anaknya. Hanya saat marah, beliau berubah... Apakah ada obat anti depresan yang bisa disarankan dokter? "
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam T

kondisi yang dialami bapak anda disebut bipolar atau perubahan mood yang berlebih seperti marah-marah dan terkadang menjadi sangat baik. Pada saat bersama bapak anda sering mengada ada sehingga digambarakan sebagai gejala delusi dan halusinasi. Kondisi penyakit yang dialami bapak anda disebut sebagai skizoafektif dimana terdapat gejala skizofrenia gangguan mental delusi halusinasi (mendengar bisikan, berbicara sendiri) yang disertai perubahan afek seperti sangat berenergi di ikuti tahapan depresi hilangnya mood dan menjadi sangat baik. 

Penyakit skizoafektif merupakan salah satu gangguan jiwa yang harus mendapatkan pengobatan dengan dokter ahli jiwa / psikiater. Untuk tatalaksananya harus berkonsultasi dengan dokter, jika pada tahapan gangguan mental sedang timbul di ikuti tanda perubahan mood dapat diberikan antipsikosis seperti haloperidol, risperidon dikombinasi dengan antidepresi. 

Jika terdapat tanda ancaman yang mengancam nyawa hal tersebut harus segera ditangani, pasien harus di amankan dan di isolasi. 

Saya sarankan agar segera membawa pasien ke dokter spesialis jiwa/psikiater, awasi pasie, hindari adanya benda tajam di sekitar pasien, beri dukungan pada pasien untuk semangat berobat, jaga kebersihan, hindari alkohol dan rokok.

Salam sehat

dr.Zulham

AN*
10 Aug 2019, 17:53
Antipsikosis itu sjenis obat apa ya dok? Untuk mengurangi rasa cemas atau sesuatu sebaiknya diberi obat apa ya dok? Beliau sdah di umur 60 thn keatas..
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bunuh diri selama masa perayaan Natal dan tahun baru bisa dipicu oleh meningkatnya rasa kesepian.

Perayaan Natal dan Tahun Baru: Saat Angka Bunuh Diri Malah Meningkat

Malam Natal dan tahun baru menjadi momen yang dinantikan banyak orang di seluruh dunia, dan dirayakan besar-besaran. Meski demikian, tanpa disadari, momen tersebut ternyata menjadi waktu ketika angka bunuh diri mencapai puncaknya.