10 Dec 2020, 12:39Psikologi

Apakah anak saya sering mendengar bisikan-bisikan merupakan tanda skizofrenia ?

PY
Info Penanya: PY0
anak saya sering mendengar bisikan bisikan, melamun, malas, tidak mau berintraksi, takut, sering mengulang ullang, menurut gejala gejala nya sepertinya skizoprenia, benar gak ya dokter, gimana cara mengobatinya
303 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam PY,Terima kasih atas pertanyaannya.Pada anak-anak perlu dibedakan apakah mendengar bisikan-bisikan merupakan imajinasi atau halusinasi. Melamun, malas, tidak mau berinteraksi atau menyendiri, ketakutan dan sering mengulang-ulang kata-kata bisa jadi merupakan tanda adanya suatu trauma psikis. Gangguan mental berkaitan dengan trauma yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Bila dibiarkan bisa terjadi kemungkinan untuk mengalami gangguan mental.Untuk mengetahui diagnosa secara pasti suatu gangguan mental perlu dilakukan pemeriksaan secara bertahap oleh psikiater atau psikolog. Skizofrenia merupakan salah satu gangguan mental yang seringnya terjadi pada remaja atau orang dewasa. Skizofrenia pada anak-anak jarang terjadi namun bisa saja terjadi disebabkan karena genetik atau keturunan. Selain genetik skizofrenia bisa dipicu oleh masalah dalam keluarga, lingkungan atau karena penggunaan obat-obatan antipsikotik.

Terdapat 4 kategori gejala pada skizofrenia yaitu:

  • Gejala positif
    • halusinasi (melihat, mendengar, atau mencium bau sesuatu yang tidak ada pada kenyataannya) 
    • delusi (melihat, mendengar, atau mencium bau sesuatu yang bukan sebenarnya, co. melihat daun pohon tapi bilangnya burung merpati).
    • Waham (punya pikiran sendiri yang tidak masuk diakal, co. merasa dirinya adalah presiden Amerika, atau saudaranya punya niat jahat dan mau membunuhnya)
  • Gejala negatif
    ekspresi wajah datar, kurang atau tidak ada semangat/motivasi
  • Gejala kognitif 
    sulit konsentrasi.
  • Gejala emosional
    kurang peka, suasana hati tidak sesuai dengan mimik wajah
Skizofrenia sendiri memiliki beberapa jenis. Penanganannya butuh bantuan oleh tenaga ahli yaitu dokter spesialis kejiwaan (psikiater) karena dibutuhkan pemeriksaan dengan wawancara serta penanganan dengan perubahan perilaku, psikis dan bantuan dengan obat-obatan.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
penyakit kejiwaanskizofreniaskizoafektif
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil