Sering menangis tanpa alasan. Bagaimana penjelasannya?

R Info Penanya: R, Wanita, 22 Tahun
Dok saya sering menangis tanpa alasan. Dan durasi menangisnya cukup lama dengan kapasitas air mata yang lebih banyak dibandingkan saat saya menonton film sedih. Dan saat ditanya saya punya masalah apa, saya tidak tahu alasan persis saya menangis itu apa. Mohon penjelasannya Dok. Trims.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R

Terima kasih atas pertanyaannya.

Menangis tanpa alasan, bisa menjadi tanda ada sesuatu pada diri anda. Beberapa faktor penyebabnya adalah suatu kondisi medis, stres, kelelahan, kecemasan atau depresi. Ada beberapa kondisi medis yang membuat emosi tidak stabil dengan mempengaruhi kadar hormon atau proses kimia lain di dalam tubuh. Beberapa di antaranya adalah :

  • gangguan tiroid
  • kekurangan vitamin
  • kadar gula darah rendah
  • stroke
  • kelainan saraf lainnya

Sedangkan faktor lain lebih banyak pada kondisi lelah dan psikis. Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan Dokter untuk memastikan tidak ada kondisi medis seperti diatas. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Aktivitas fisik seperti berolahraga juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan hormon seseorang

9 Cara Menyeimbangkan Hormon, Sudahkah Anda Lakukan?

Ketidakseimbangan hormon dapat memicu penyakit seperti obesitas hingga diabetes. Cara menyeimbangkan hormon bisa dimulai dari menjaga kualitas tidur hingga pola makan.