09 Sep 2020, 01:09Psikologi

Sering menangis dan merasa hampa

F
Info Penanya: F, Wanita, 21 Tahun
Halo dok sy ingin bertanya, sudah hampir 5 tahun ini saya menjadi org yg suka sedih,bengong,nangis tiba2 tanpa tau apa yg sy tangiskan. Sy juga pernah beberapa kali sampai menangis dpn kelas hanya karna hal sepele yg tidak perlu sampai ditangisi, hingga kuliah sy pernah sampai dititik ingin mencoba melakukan hal yg saya sendiri sangat tidak suka, karna sy merasa benar2 kosng dan gatau harus gimna karna sayapun tdk tau penyebab saya seperti itu apa. Apakah hal ini wajr? atau ada yg salah dg sy?
1344 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, F.Sering menangis dan merasa kosong (hampa) adalah ciri-ciri dari seseorang yang sedang bersedih. Pada kondisi normal, rasa sedih sah-sah saja dialami asalkan tidak dirasakan berlarut-larut, dan menjalani hari-hari selanjutnya dengan normal setelah rasa sedih teratasi.Tetapi, apabila rasa sedih berkepanjangan, bahkan tanpa tahu apa penyebabnya, hal ini dapat dikatakan tidak normal. Ada berbagai kondisi yang dapat melatarbelakangi hal ini, misalnya pengalaman stres di masa lalu, gangguan kecemasan, gangguan mood, sampai kondisi depresi.Oleh karena itu, untuk sementara, lakukan hal-hal berikut:
  • Berbagi cerita kepada orang yang dipercaya, seperti orangtua, sahabat, atau saudara
  • Bersosialisasi, karena rasa sedih seringkali muncul saat sendiri
  • Lakukan latihan napas, yaitu dengan menarik napas dalam dan menghembuskannya secara berulang kali
  • Lakukan hobi atau kegiatan lain yang menyenangkan
Apabila tak kunjung membaik, atau rasa sedih yang Anda alami mengganggu aktivitas keseharian, atau muncul pikiran untuk mengakhiri hidup, segera konsultasikan masalah ini kepada psikolog atau psikiater. Nantinya, akan dilakukan tanya jawab serta pemeriksaan lain yang dibutuhkan. Setelah itu, akan diberikan penanganan yang sesuai, misalnya konseling, psikoterapi, atau obat-obatan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
depresigangguan mentalgangguan kecemasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil