Sering makan banyak tapi berat badan tetap dan tampak kurus?

AS Info Penanya: AS, Pria, 2019 Tahun
dok sy mau tanya, sy sering makan banyak tapi kenapa berat badan sy masih tetap ya sedangkan paha dn dengkul kaki keliatan kurus dok ,, saran makannya dok biar bisa gemuk
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AS

Sebetulnya anda termasuk beberapa orang yang beruntung bisa makan banyak tapi tetap kurus. Beda dengan saya makan sedikit berat badan langsung naik. Apakah anggota keluarga anda mayoritas kurus? Karena faktor genetik juga berperan.

Coba anda hitung kebutuhan kalori anda dengan kalkulator yang ada secara online. Dan mulai anda rajin melihat jumlah kalori dari tiap makanan. Makanan tinggi kalori misalnya dari lemak susu, berminyak dan tinggi karbohidrat/gula dengan indeks glikemik (kemudahan dicernanya) rendah seperti kentang atau roti bisa ditambah porsinya. 

Ada beberapa kondisi klinis yang menyebabkan metabolisme meningkat misalnya penyakit kronis seperti tbc dan kanker atau gangguan endokrin seperti tiroid atau diabetes.

Untuk konsultasinya bisa dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk memastikan tidak ada gangguan klinis dan setelah itu anda bisa konsultasi juga dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik.

Salam Sehat,

Dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan dengan kandungan senyawa flavonoid seperti dark chocolate dapat membantu mengatasi peradangan

Senyawa Flavonoid, Benteng Pertahanan Tubuh dari Penyakit

Senyawa flavonoid adalah benteng perlindungan tubuh terbaik dari berbagai jenis penyakit. Senyaawa ini biasanya terdapat dalam buah dan sayur.