24 Sep 2020, 22:22Psikologi

Sering ketakutan, cemas dan gelisah

AS
Info Penanya: AS, Wanita, 23 Tahun
selamat malam dok nama saya dewi umur 23tahun akhir2 ini saya sering merasakan ketakutan akan hal2 buru berfikiran negatif bikin saya cemas dan gelisah hingga detak jantung saya berdetak dng cepat mual dan buang air. ini saya paksa tidur malah badan saya terasa ringan/lemas dan kepala saya sakit setiap mau penjamin mata ketakutan,kecemasan dan gelisah itu muncul lagi dok. saya jd susah tidur padahal sudah mengantuk itu knp yaa dok
478 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang AS,Rasa takut adalah hal yang normal terjadi tapi jika sering kali takut akan hal yang tidak pasti atau tidak nyata bisa merupakan kecemasan. Bila cemas berlebihan bisa merupakan suatu masalah psikologis yang perlu diwaspadai karena bisa merupakan gangguan kecemasan.Penyebab gangguan psikologis seperti ketakutan berlebih dan cemas sendiri beragam seperti diantaranya:
  • Faktor genetik
  • Faktor emosional
  • Gangguan kepribadian
  • Masalah hormonal otak
  • Peristiwa tertentu yang menyebabkan trauma
  • Faktor lingkungan
  • Efek obat-obatan tertentu
Jika mengalami rasa cemas berlebihan, bisa juga mengganggu aktivitas sehari-hari dan bisa menimbulkan masalah fisik seperti sering berdebar, nyeri perut, masalah asam lambung, mudah lelah, gangguan tidur, dan juga masalah lain seperti sulit mengendalikan emosi, sulit konsentrasi.Untuk itu jika keluhan cemas dan takut berlebihan dan mengganggu, perlu dilakukan evaluasi dan konsultasi pada dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikiater agar dilakukan pemeriksaan seperti wawancara psikiateri dan pemeriksaan lain yang diperlukan.Penanganan sendiri bisa dilakukan dengan konseling, psikoterapi, ataupun pemberian obat untuk menenangkan diri dan juga mengatasi kecemasannya. Tetap upayakan bisa mengalihkan pikiran pada hal yang lebih positif, jalankan kegiatan yang bisa membantu mengatasi beban pikiran tersebut ataupun coba berbagi cerita pada orang yang dipercaya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan mentalmasalah kejiwaangangguan kecemasangangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil