06 Feb 2021, 17:50Kandungan

Bagaimana cara mengatasi kesemutan di paha betis saat hamil ?

BF
Info Penanya: BF0
sore dok saya mau tanya usia khmilan saya 6 bulan pada saat berdiri serasa kesemutan di paha dan betis tapi sebelah kanan padahal saya berdiri tidak lama ? penyebab dan cara mengtasi nya gimana y dok ? terima kasih
1744 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, B.Kehamilan adalah proses panjang yang harus dijalani ibu dimana Ibu akan mengalami perubahan hormon, perubahan emosi, membawa beban janin hingga 40 minggu lamanya, kesulitan untuk tidur, dan melakukan aktifitas sehari-hari.

Apa yang menyebabkan kesemutan di paha dan betis saat hamil ?

Saat hamil, perut akan terus membesar hingga rahim menekan organ di sekitarnya termasuk saraf dan pembuluh darah. Penekanan saraf dan pembuluh darah secara terus menerus baik saat berdiri maupun berbaring, membuat aliran darah ke seluruh tubuh berkurang termasuk kaki, sehingga menimbulkan rasa kesemutan dan pegal. Rasa kesemutan di paha dan betis yang Anda alami saat usia kehamilan 6 bulan juga dapat disebabkan oleh posisi tidur dimana tidur yang Anda lakukan menghadap ke kanan, sehingga menekan pembuluh darah besar dan saraf menuju kaki. Tidur ke arah kanan bukan hanya menimbulkan keluhan pada kaki, namun juga berbahaya bagi janin karena dapat menghambat nutrisi ke janin. Rasa kesemutan dapat diperparah dengan tekanan darah tinggi, gula darah tidak stabil serta kolesterol di tubuh yang meningkat.

Bagaimana cara mengatasi kesemutan di paha betis saat hamil ?

Cara mengatasi kesemutan di paha dan betis saat hamil antara lain :
  • Biasakan tidur menghadap ke kiri terutama saat kehamilan semakin besar.
  • Hindari duduk, tidur, maupun berdiri dalam waktu lama.
  • Lakukan olahraga ringan, senam hamil dan senam kegel.
  • Lakukan pijatan ringan pada kaki dan betis.
Jika kesemutan pada kaki dan betis diikuti kelemahan, rasa sakit, hingga Anda tidak dapat beraktifitas, lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat,Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.    
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilolahraga ibu hamil
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil