27 Jun 2021, 18:18Penyakit Lainnya

Keringat dingin di malam hari, apakah berbahaya?

M4
Info Penanya: M4, Pria, 23 Tahun
Malam Dok, hampir setiap hari ketika saya tidur malam saya mengalami keringat dingin. Pasti jika itu terjadi, seperti ini kronologinya : Saya tidur sekitar jam 22-23 Wib malam, tidur seperti biasa, ditengah malam kadang jam 1,2, atau jam 3 dini hari saya terbangun. Disitu kepala saya dibasahi oleh keringat2 yg banyak, seperti habis keramas, rasanya juga dingin, suhu tubuh saya tidak panas sekalipun. Sy obesitas. Saya tidak tau gejala lainnya, karena itu dalam posisi tidur. Apakah itu normal dok?
116 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, M4              Terima kasih atas pertanyaannya.Keringat di malam hari dapat terjadi ketika ruangan yang panas atau menggunakan pakaian yang berlapis.  Selain faktor lingkungan, faktor asupan makan hingga adanya penyakit dan gangguan hormonal juga dapat menimbulkan keluhan tersebut. 

Penyebab keringat dingin di malam hari :

  • Cemas dan stres dimana timbul juga kesulitan tidur, badan tidak enak, pikiran yang penuh.
  • GERD atau asam lambung yang naik yang disertai dengan rasa penuh, sesak dan panas di dada, tenggorokan mengganjal, sulit menelan, batuk kering dan lendir yang penuh di tenggorokan.
  • Gangguan hormonal contohnya wanita yang menopause, pria dengan kadar testosterone yang rendah, kelainan pada hormon tiroid.
  • Gangguan tidur.
  • Mengalami infeksi contohnya TBC.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu.
  • Faktor suhu ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin
  • Sering konsumsi kopi, makanan pedas, instan, merokok, serta alkohol.
Keluhan yang saat ini terjadi ada kemungkinan karena asam lambung yang naik ataupun efek obesitas sehingga menjadi mudah berkeringat. Jika sudah menganggu aktivitas sehari-hari dan tidak membaik dengan pengaturan suhu ruangan atau perubahan pola makan teratur maka periksa ke dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan lanjutan guna melacak apakah keringat dingin yang dialami faktor asam lambung atau ada kondisi yang berbahaya lainnya. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
gangguan tidurtbchipertiroidismegerdgangguan kecemasankeringat dingin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil