Sering keputihan dan berhenti hanya bila haid, apa itu pertanda ada penyakit?

Y Info Penanya: Y, Wanita, 2019 Tahun
Dear dokter...Dok...knp yh sy ko srg banget keputihan...Dan kya nda wajar gtu...Sya pasti setiap harinya terkena keputihan dan berhebti keputihan itu yh klo lg haid...stelah sehari setelah haid pasti ky gtu lagi...dan satu bln itu psti kputihan...Apa tu prtanda ada pnyakit d tbuh sy yh dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, YF

Terima kasih atas pertanyaannya.

Keputihan adalah hasil produksi cairan dari dalam vagina anda. Fungsinya untuk mengeluarkan sel mati dan kuman. Jumlah dan warna dari keputihan bisa berubah-ubah terpengaruh dari siklus haid anda. Apakah ada gejala gatal, perih, panas, atau luka di sekitar vagina karena bisa menandakan adanya infeksi. Infeksi bisa disebabkan bakteri atau jamur dan bisa ditularkan serta menularkan orang lain.

Beberapa jenis keputihan yang bisa dialami wanita berdasarkan warna dan konsistensinya :

  • berwarna putih pada awal atau akhir menstruasi termasuk normal, namun jika gatal dan seperti keju bisa menandakan infeksi jamur
  • berwarna bening encer atau berlendir termasuk normal dan menandakan kalau anda sedang masa subur
  • berwarna cokelat atau berdarah selama haid dan beberapa setelahnya juga normal.
  • keputihan dengan sedikit perdarahan di antara siklus mens disebut flek/spotting, bisa tanda perdarahan implantasi atau kehamilan
  • berwarna kuning/hijau, kental, gumpalan dan bau tidak sedap biasanya dari infeksi trikomoniasis, gonore, klamidia akibat infeksi menular seksual.

Tergantung dari penyebabnya maka terapinya juga berbeda, sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk tatalaksana selanjutnya. Berikut artikel mengenai ciri keputihan normal dan penyebabnya untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wasapdai vagina bau yang terjadi karena penyakit tertentu

Vagina Bau? Cermati Penyebab dan Cara Mengatasinya

Vagina bau tak sedap atau amis bisa jadi pertanda gangguan kesehatan. Karena itu, Anda perlu membekali diri dengan beberapa penyebab vagina bau dan cara mengatasinya agar organ intim tetap bersih dan sehat.