29 Jun 2021, 13:09Kandungan

Sering kencing disebabkan apa?

NS
Info Penanya: NS0
Dok umur saya 13 tahun dan BB 58kg,normal kah jika saya sering kencing tetapi tidak banyak minum?dan saat kencing itu urin saya selalu keluar yang bewarna putih.tetapi saya tidak pernah merasa lemas,apakah itu termasuk gejala diabetes atau penyakit lainnya?
71 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo N,Buang air kecil umumnya normal jika terjadi 4-6 kali sehari tergantung dari banyaknya asupan cairan dan aktivitas sehari-hari. Jika Anda tidak banyak konsumsi cairan namun sehari-hari berada pada lingkungan yang dingin, maka kemungkinan tubuh untuk mengeluarkan cairan lewat urin juga akan semakin meningkat misalnya jika sepanjang hari Anda berada pada ruangan yang ber-AC. Seseorang dikatakan sering buang air kecil jika keluhan ini terjadi lebih dari 8 kali sehari atau keinginan berkemih terjadi hingga mengganggu tidur dan dapat terbangun beberapa kali dimalam hari.

Penyebab sering buang air kecil

Penyebab tersering dari keluhan sering kencing sebenarnya adalah adanya infeksi saluran kemih dapat disebabkan oleh sering menahan kencing, atau kurang menjaga kebersihan organ reproduksi. Keluhan ini adakan menimbulkan gejala sering buang air kecil, nyeri atau panas saat buang air kecil serta nyeri pada perut bawah atau di kelamin. Selain infeksi, beberapa kemungkinan lainnya adalah penyakit diabetes dan penggunaan obat-obatan tertentu. Bila keluhan anda sudah berlangsung lama, sebaiknya periksa ke dokter spesialis urologi untuk dilakukan pemeriksaan urin. Jika disbeabkan oleh infeksi, maka dokter akan memberikan pengobatan berupa antibiotik untuk mengatasi keluhan Anda.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
infeksi saluran kencinginfeksi saluran kemihpenyakit saluran kemih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil