Sering BAK disertai pinggang kanan terasa panas

M Info Penanya: M
dok, saya sering buang air kecil hampir setiap 15 menit ingin buang air kecil lagi dan itupun keluarnya lancar kayak org normal, namun biasanya di tandai dengan pinggang saya bagian kanan terasa panas dan itupun harus di kencingkan klau tdk sgr di kencingkan maka pinggang kian panas, gmn dok caranya..atas sarannya saya ucapkan byk terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Buang air kecil (berkemih) merupakan proses pembuangan sisa-sisa metabolisme tubuh yang berbentuk cairan (urin) melalui saluran kemih. Secara normal, apabila asupan cairan perhari sekitar 2 L, frekuensi buang air kecil umumnya 6-8 kali dalam 24 jam, dengan jumlah urin berkisar antara 400 hingga 2.000 mL. Seperti proses lainnya, proses berkemih pun dapat mengalami gangguan, dan menimbulkan berbagai gejala seperti buang air kecil yang menjadi lebih sering, disertai gejala yang tidak normal seperti nyeri, tersendat, rasa tidak lampias dan lain-lainnya.

Salah satu gejala dan tanda adanya gangguan dalam proses berkemih yang sering dialami adalah frekuensi berkemih yang menjadi lebih sering. Kondisi medis yang menimbulkan gejala tersebut diantara lainnya adalah infeksi saluran kemih (ISK).

Mengenai keluhan yang Anda alami, buang air kecil yang frekuensinya menjadi lebih sering mungkin merupakan gejala ISK. Namun, terkait dengan adanya keluhan penyerta pinggang kanan yang terasa panas pada Anda, mungkin juga telah terjadi infeksi yang menyebar ke daerah organ ginjal atuapun adanya batu ginjal. Untuk memastikan penyebab dari gejala yang Anda alami, dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter secara langsung. Dokter juga mungkin akan menyarankan prosedur pemeriksaan penungjang seperti pemeriksaan urin, pemeriksaan USG dan pemeriksaan lainnya yang diperlukan untuk menunjang diagnosis.

Untuk sementara yang dapat Anda lakukan dirumah diantaranya adalah, 

  • memenuhi kebutuhan cairan perhari, khususnya 3,7 L untuk laki-laki
  • hindari konsumsi minuman yang berasa dan berwarna, bersoda dan beralkohol
  • jika rasa panas disertai nyeri yang mengganggu aktivitas, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas bergolongan asetaminofen untuk sementara
  • mengompres dingin bagian yang terasa panas atau nyeri

Sebaiknya keluhan Anda segera diperiksakan agar tidak semakin memburuk atau mengakibatkan komplikasi, Anda dapat memeriksakan keluhan yang Anda alami ke dokter Spesialis Urologi

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengenali penyebab sakit pinggang pada lansia bisa membantu Anda menemukan perawatan yang tepat

Kenali Paget’s Disease, Salah Satu Penyebab Sakit Pinggang pada Lansia

Ada beragam penyebab sakit pinggang pada lansia. Salah satunya adalah paget’s disease. Jarang didengar, penyakit ini sebenarnya memiliki ciri yang cukup khas, seperti perubahan bentuk kaki, maupun tangan menjadi lebih bengkok.