Sering BAK dan nyeri perut bawah, kenapa?

NN Info Penanya: NN, Wanita, 1 Tahun
Dok saya belum menikah, sudah lama sering kencing tiap hari, puncaknya awal puasa lbh dari 15 kali tiap hari bahln tidak bisa tidur sudah brobat berkali- kali d.puskesmas dan dokter, tapi tidak ada hasil dan d.bawah bagian puser terasa sakit ,perut kayak mengambang tidak enak belum pernah usg dan ronsen , gula darah normal , kmarin kepuskesmas lagi minta rujukan usg tapi tidak bisa karena sedang musim covid19 dan bpjs dari pabrik bkn d.klinik melainkan puskesmas.itu bagimana dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NN.

Cairan yang masuk ke tubuh manusia akan diserap mineralnya oleh ginjal, kemudian sisa cairannya akan dibuang melalui proses buang air kecil atau berkemih. Normalnya, seseorang akan buang air kecil 4-8 kali per hari, dengan warna kuning muda. Ketika frekuensi buang air kecil kurang atau lebih dari batas normal, berarti ada sesuatu di dalam tubuh yang tidak normal.

Terkait keluhan Anda, sering buang air kecil bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya:

  • Kehamilan, ketika rahim membesar dan menekan kandung kemih
  • Infeksi saluran kemih
  • Batu saluran kemih
  • Mengonsumsi minuman berkafein seperti teh atau kopi
  • Terlalu banyak mengonsumsi air putih

Jika Anda belum menikah dan keluhan disertai dengan nyeri perut bagian bawah, bisa saja kelainan terdapat dari kandung kemih. Untuk sementara, Anda dapat mencoba mengonsumsi air putih yang cukup (tidak terlalu banyak atau sedikit) dan menghindari minuman berkafein. Anda juga dapat mengompres perut bawah Anda dengan air hangat untuk mengurangi nyeri.

Terkait kondisi tidak bisa berobat, memang disarankan untuk tetap di rumah dahulu apabila bukan dalam kondisi darurat, ya. Tetapi, jika keluhan tak kunjung hilang dan memberat, atau disertai dengan benjolan pada perut bawah, sebaiknya diperiksakan secepatnya ke dokter spesialis urologi.

Terima kasih, semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tak hanya mengganggu penampilan, bahaya perut buncit merupakan sinyal tubuh mengalami penyakit tertentu

Bahaya Perut Buncit, Bisa Jadi Sinyal Masalah Medis

Bahaya perut buncit bisa jadi sinyal pola makan yang salah hingga penyakit seperti gangguan liver dan kanker.