Sering keluar mani karena capek

AR Info Penanya: AR
Dok...Ketika saya capek setelah melakukan aktifitas yang berat malam harinya saya mimpi basah (keluar mani) bukan dari masturbasi dan itu sering terjadi bisa seminggu 3 kali. Apakah itu wajar?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AR,

Mimpi basah adalah terjadinya ejakulasi atau orgasme tanpa sengaja ketika tidur dan bermimpi dan ditandai adanya celana atau speri yang basah karena cairan sperma saat terbangun.

Sebenarnya, mimpi basah tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi ataupun tidak bisa diatur agar bisa terjadi mimpi basah. Jadi mimpi basah terjadi secara alami.

Meskipun demikian, mimpi basah sendiri tidak jarang terjadi karena mengalami mimpi dan terjadi rangsangan seperti misalnya mimpi erotis. Mimpi basah ini juga bisa terjadi pada mereka yang belum aktif secara seksual sebagai cara untuk pergantian sperma lama dengan yang baru.

Pemicu mimpi basah

Apabila sering terjadi, perlu diperhatikan apa yang jadi pemicunya. Jika karena terlalu lelah, mungkin bisa membuat organ kelamin lebih sensitif dengan aliran darah yang bisa lebih kencang saat tidur.

Untuk itu agar bisa tidak terjadi terlalu sering ada baiknya bisa melakukan beberapa hal seperti:

  • Memperbaiki gaya hidup agar lebih sehat dengan istirahat dengan cukup
  • Hindari aktivitas berat berlebih
  • Mengonsumsi makanan yang sehat
  • Olahraga teratur
  • Hindari konten yang bisa merangsang seksual yang bisa terbawa mimpi
  • Gunakan pakaian yang tidak ketat 

Jika terus terjadi dan mengganggu maka sebaiknya bisa dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis Andrologi untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Balanitis adalah penyakit seksual yang disebabkan karena infeksi bakteri dan jamur

Hati-hati, Penis Belum Disunat Bisa Sebabkan Balanitis? Ini Alasannya

Balanitis adalah penyakit seksual yang terbagi menjadi 3 jenis. Pertama, circinate balanitis yang disebabkan oleh reaksi penyakit artritis pada bagian kepala penis,berbentuk melingkar dan berwarna kemerahan. Kedua, micaceous balanitis yang menyebabkan kulit bersisik di kepala penis. Dan yang ketiga, adalah zoon’s balanitis yang paling umum terjadi pada penis yang belum disunat.