08 Mar 2021, 18:09Kandungan

Sering perdarahan setelah hubungan intim, kenapa?

TH
Info Penanya: TH0
Assalamualaikum,, SI ..... Saya mau bertanya kenapa saya sering pendarahan selepas melakukan hubungan intim,, padahal jarak menstruasi udah lewat 1minggu lebih?
205 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, TH.Perdarahan yang dialami tepat setelah selesai berhubungan intim dikenal dengan istilah post-coital bleeding. Keluhan ini dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, mulai dari yang tidak berbahaya hingga cukup serius. Apabila ini terjadi berulang kali, maka sebaiknya jangan dibiarkan dan ditangani sesuai dengan penyebab.

Beberapa penyebab post-coital bleeding adalah:

  • kurangnya pelumas vagina dan menyebabkan luka lecet
  • penyakit menular seksual
  • polip pada vagina
  • peradangan atau keganasan pada serviks (mulut rahim)
Untuk sementara, disarankan agar Anda mencoba melakukan pemanasan yang cukup lama hingga vagina sudah cukup basah. Baru, lakukan hubungan intim. Apabila ternyata masih terjadi perdarahan, sebaiknya hentikan hubungan sementara waktu dan segera periksakan kepada dokter spesialis kandungan.Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk memastikan penyebabnya, kemudian memberikan penanganan yang tepat. Penanganan bisa berupa obat-obatan maupun tindakan operatif apabila dibutuhkan, dan akan disesuaikan dengan hal yang mendasarinya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
sekshubungan seksualpolip rahim
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil