Sering keluar darah saat berhubungan, awalnya keluar putih

SK Info Penanya: SK, Pria, 2019 Tahun
Dok knp yah ketika berhubungan intim dengan istri akhir2 ini sering keluar darah yah .awalnya waktu itu ada putih2nya gitu.itu kira2 knp yah dok???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SK

Keluar darah pasca berhubungan disertai flek dapat menjadi tanda beberapa kondisi seperti gejala kanker serviks/ mulut rahim dan penyakit radang panggul. Pada wanita yang telah menikah, kanker serviks terjadi akibat infeksi virus HPV yang menyebabkan perubahan sel transisional pada mulut rahim. 

Kondisi lain penyebab keluar darah dan flek adalah penyakit radang panggul, pada penyakit ini terdapat infeksi yang masuk dari vagina menyebar ke organ dalam, biasanya juga terdapat keluhan nyeri panggul dan demam. 

Saya sarankan agar anda membawa istri anda ke dokter kandungan Sp.OG untuk evaluasi penyebab darah dari vagina pasca berhubungan, selain itu istri anda perlu menjalani pemeriksaan Papsmear, jika tidak terdapat tanda kanker serviks sebaiknya juga menjalani vaksinasi HPV. Jika penyebab flek darah adalah infeksi radang panggul biasanya dapat hilang dengan istirahat dan pemberian antibiotik. 

Salam sehat 

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Adanya benjolan, rasa gatal, dan pendarahan pada vagina bisa jadi tanda dari kanker vagina

Ciri-Ciri Kanker Vagina: Deteksi Dini dan Pencegahan

Berbeda dari kanker serviks, kanker vagina adalah kanker yang muncul pada bagian saluran yang menghubungkan rahim dengan bagian luar vagina. Ciri-ciri kanker vagina biasanya sulit untuk dideteksi. Namun, seiring makin menyebarnya kanker, ciri-ciri kanker vagina akan makin terlihat.