Apa penyebab sering kedutan saat mau tidur?

RH Info Penanya: RH, Pria, 37 Tahun
halo dokter, setiap mau terlelap tidur selalu kaget karena otot kedutan seperti gerak sendiri,kedutannya sekali sj & pindah2 dok, tp klo istirahat biasa tidak dok,selalu timbul pas ketika mau terlelap,jd akhirnya tdk bisa tidur...trm ksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RH,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kedutan merupakan sensasi yang dirasakan biasanya tiba-tiba otot Anda seperti menegang atau ditarik. Kedutan terjadi ketika unit motorik memberi sinyal pada otot untuk berkontraksi secara berulang-ulang tanpa kendali. Beberapa orang mengalami kedutan pada kelopak mata, ibu jari, jempol kaki, atau betis.

Beberapa penyebab kedutan yang umum terjadi :

  • Kelelahan pasa otot seperti stress, kurang olahraga dan kurang istirahat
  • Konsumsi terlalu banyak kafein atau minuman energi
  • Kekurangan nutrisi tertenti seperti vitamin D, B6 dan B12
  • Dehidrasi
  • Merokok atau vaping
  • Kelainan saraf

Untuk mengatasi keluhan yang Anda alami ada beberapa cara yang dapat dilakukan konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, isttirahat yang cukup, kompres hangat pada area yang sering kedutan, management stress yang baik, batasi asupan kafein dan berhenti merokok. Namun jika keluhan kedutan Anda masih berlanjut, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter saraf untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak dapat mengalami dehidrasi bila kebutuhan cairan hariannya tidak tercukupi dengan baik

Penting! Inilah Cara Mengatasi Dehidrasi pada Anak

Kebutuhan gizi harian anak sangat diperlukan untuk menghindari dehidrasi yang berisiko menimbulkan komplikasi. Salah satu cara mudah untuk mengatasi dehidrasi pada anak adalah mengatur menu minuman mereka.