27 Jun 2021, 21:46Penyakit Lainnya

Sering haus dan kencing apa diabetes?

NS
Info Penanya: NS0
Dok anak saya yg berumur 13 tahun selama beberapa hari ini sering kencing bentar bentar,sesudah minum selalu ke kamar mandi bentar bentar,padahal minumnya pun gk terlalu banyak,tapi gk pernah terasa lemas dan kencingnya yg keluar bewarna putih,pas kencingnya itu banyak keluar.kira kira penyakit apa ini Dok?apakah diabetes?
144 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore NS,Diabetes adalah penyakit yang mana kelenjar insulinnya terganggu sehingga tidak bisa memproduksi insulin dengan baik yang akan mengakibatkan kadar gula darah menjadi berlebihan. Beberapa gejala yang sering muncul pada diabetes adalah mudah lapar, mudah haus, penurunan berat badan, sering kencing, kulit terasa gatal-gatal, jika ada luka sulit sembuhnya, dll. Dan penyakit ini bisa mengenai anak-anak maupun orang dewasa. Untuk diabetes pada anak biasanya termasuk dalam golongan DM tipe satu yakni bawaan sejak lahir akibat adanya kerusakan pada pankreasnya.Untuk keluhan anak Anda yang sering minum dan juga sering kencing meski kencingnya tidak sebanding dengan yang diminum maka mungkin saja yang anak Anda alami adalah infeksi saluran kemih.

Gejala-gejala infeksi saluran kemih:

  • Sering kencing meski minumnya tidak terlalu banyak.
  • Urin hanya keluar sedikit-sedikit.
  • Kencing terasa tidak tuntas ingin kencing terus.
  • Nyeri ketika kencing.
  • Bisa muncul urin bercampur dengan darah.
Penanganan terhadap anak Anda sementara di rumah adalah minum air putih yang banyak untuk mengeluarkan infeksinya. Minum paracetamol jika terasa nyeri. Kencing jangan ditahan-tahan. Jika muncul keluhan demam atau keluhan tidak membaik dalam waktu 3 hari, maka sebaiknya cek urin lengkap dan hasilnya ditunjukkan ke dokter terdekat.Salam sehat,dr. Vina 
diabetesinfeksi saluran kencinginfeksi saluran kemih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil