Sering flu di pagi hari

AR Info Penanya: AR, Pria, 31 Tahun
Kenapa sering kena flu di pagi hari
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AR,

Flu ditandai dengan gejala seperti bersin, hidung berair, hidung tersumbat, sakit kepala dan gejala lain. Kondisi ini dapat dipicu oleh beragam faktor seperti paparan udara dingin, paparan debu, bulu hewan, serbuk tumbuhan atau alergen lainnya, daya tahan tubuh yang kurang baik, ataupun disebabkan oleh penyakit lainnya.

Beberapa penyakit yang dapat menimbulkan gejala flu dan sering terjadi diantaranya seperti:

  • Flu
  • Rhinitis atau peradangan pada dinding hidung yang dapat dipicu beragam hal seperti rhinitis alergi dan non alergi
  • Sinusitis atau peradangan pada rongga sinus yang ada di wajah
  • Polip hidung
  • Infeksi saluran pernapasan seperti pneumonia
  • Reaksi alergi

Untuk itu penting melakukan pencegahan dengan menghindari paparan alergen jika penyebabnya adalah alergi agar tidak menimbulkan komplikasi lebih berat. Upayakan juga untuk menggunakan masker jika berada pada luar ruangan atau tempat yang berdebu, cuci hidung dengan air garam untuk membersihkan hidung dari bakteri yang dapat memicu infeksi, dan periksakan diri pada dokter atau dokter ahli THT untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut terlebih jika gejala semakin berat atau mengganggu. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab pilek biasanya merupakan virus, sementara sinus bisa juga disebabkan oleh pilek

Ketahui Penyebab Pilek dan Sinus Sebelum Berakibat Fatal

Pilek dan infeksi sinus jelas berbeda. Pilek biasanya terjadi hanya beberapa hari. Penyebab pilek biasanya merupakan virus, namun juga dipengaruhi faktor lain seperti usia, sistem imun, waktu, merokok, dan paparan. Sementara itu, sinus sembuh lebih lama dan memiliki gejala yang lebih parah.