Sering cemas dan takut lingkungan baru

J Info Penanya: J, Wanita, 17 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya. Saya wanita berusia 17th. Saya sering cemas, gelisah, khawatir dan takut dilingkungan baru. Saya juga kurang percaya diri. Terkadang karena rasa cemas itu, saya tidak tidur seharian penuh. Ini terjadi setelah saya dibully dan sering dimarahi(direndahkan) ortu saya. Apakah saya mengidap depresi dok? Atau hanya setress saja. Adakah obat untuk menenangkan pikiran saya sejenak agar saya tenang. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, J

Kondisi yang kamu alami disebut sebagai ganggun cemas menyeluruh, hal ini sering terjadi jika terdapat rasa ketakutan akan hal tertentu atau jika terdapat riwayat trauma sebelumnya.

Saya sarankan kamu agar tetap bersemangat, berfikir positif dan jangan takut, fokus dengan apa yang bisa dikerjakan saat ini, menemukan hobi baru dan aktifitas yang menyenangkan,  berolahraga, konsumsi minyak ikan yang banyak mengandung omega3,DHa dan Epa karena dapat membuat tenang, kamu juga dapat memakan coklat karena dapat membuat lebih tenang. 

Pada gangguan cemas yang berat dapat dilakukan terapi kognitif dan pemberian obat antidepressn oleh dokter spesialis kejiwaan atau Psikiater.

Tetap semangat, fokus dan bahagia

Salam sehat

dr. Zulham

J
02 Aug 2019, 02:17
Terimakasih dokter:)
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara menghilangkan rasa takut pada penderita fobia adalah terapi perilaku kognitif

Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Takut pada Penderita Fobia

Rasa takut adalah respons tubuh yang alamiah. Namun, rasa takut yang terjadi terus-menerus dapat menjadi fobia. Penderita fobia memerlukan penanganan khusus sebagai cara menghilangkan rasa takut yang dirasakan. Beberapa terapi yang umum digunakan sebagai cara menghilangkan rasa takut pada penderita fobia, antara lain terapi perilaku kognitif dan terapi pemaparan.