11 May 2020, 20:36Penyakit Lainnya

Sering buang air kecil

H
Info Penanya: H0
Assalamualaikum selamat MLM dok. Sya Isma usia saya 21 THN saya ingin konsultasi dengan dokter. 1 Minggu ini tiap MLM saya sering buang air kecil dok kadang siang juga bgtu tapi lebih sering MLM belum 5 menit hbis pipis trus pengen pipis lagi kdng yg keluar bnyak kadang juga sdkit. Tpi itu sangat menggangu saya dok trus badan juga ajdi gelisah semua ? harus diurut atau dipukul" badannya baru agak mendingan. Sebelum nyasaya sdah pernah sprti ini juga dok tapi hanya 1 mlm saja.
20952 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang H,Sering buang air kecil adalah kondisi yang bisa timbul karena asupan cairan yang banyak, bisa karena infeksi saluran kemih ataupun bisa dipicu masalah kesehatan lain seperti gangguan ginjal ataupun masalah diabetes.

Cara mengatasi sering buang air kecil

Apabila dalam 1 minggu ini sering kali mengalami sering buang air kecil di malam hari, ada baiknya bisa dilakukan beberapa hal seperti:
  • Tetap konsumsi air putih 2 liter perhari
  • Hindari menahan keinginan buang air kecil
  • Kurangi konsumsi cairan menjelang malam, dan hindari minum air putih sebelum tidur
  • Jaga kebersihan dan kesehatan organ intim dengan membasuh menggunakan air hangat dari arah depan ke belakang untuk menghindari kontaminasi bakteri dari arah anus
  • Minum obat peredanya nyeri seperti parasetamol jika timbul demam atau nyeri saat buang air kecil
Apabila keluhan tidak membaik dan masih merasa sering buang air kecil, merasa buang air kecil tidak lampias atau anyang-anyangan, urine menjadi keruh, ataupun timbul nyeri perut bawah, maka perlu diperiksakan pada dokter.Oleh dokter akan dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan urine ataupun USG untuk memastikan apa penyebabnya. Jika ada infeksi saluran kemih, nantinya akan diberikan pengobatan dengan antibiotik yang sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
infeksi saluran kemihurinesaluran kemih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil