Sering buang air kecil disertai nyeri perut?

HN Info Penanya: HN, Wanita
Sering buang air kecil ditambh nyeri pada perut
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, HN

Sering buang air kecil disertai nyeri perut. Apakah nyeri perut terletak di pinggang kiri / kanan? Apakah nyeri perut di bagian tengah perut bawah? Kemudian apakah saat kencing terasa perih atau panas? Semua itu adalah gejala dari radang saluran kemih. Radang saluran kemih paling sering akibat dari infeksi saluran kemih atau adanya batu di saluran kemih. Lebih jelasnya bisa dibaca di artikel Sering Buang Air Kecil? Bisa Jadi Infeksi Saluran Kemih.

Beberapa cara untuk menghindarinya adalah minum banyak cairan terutama air putih. Tujuannya untuk mengencerkan urine dan membantu pengeluaran penyebab radang dari saluran kemih. Jangan menahan kencing bila sudah timbul keinginan untuk buang air kecil. Saat menyeka lakukan dari depan ke belakang dan bukan sebaliknya. Jangan lupa buang air kecil setelah berhubungan badan dan hindari cairan pembersih kewanitaan yang dapat menyebabkan iritasi.

Bila keluhan masih tetap ada sebaiknya konsultasi dengan Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan pemberian terapi yang sesuai. Saya lampirkan juga artikel Begini Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih yang Benar agar Tak Kambuh Lagi.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan buang air kecil dapat menimbulkan batu di kandung kemih

3 Bahaya Menahan Buang Air Kecil Saat Perjalanan Mudik

Kemacetan saat mudik membuat seseorang menahan buang air kecil untuk waktu yang lama. Padahal, terdapat bahaya menahan buang air kecil saat mudik yaitu dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kandung kemih.