10 Feb 2021, 00:33Penyakit Lainnya

Sering buang air kecil di malam hari apa wajar?

HY
Info Penanya: HY0
Hallo dok. Saya ingin menanyakan perihal anak saya sering pipis dimalam hari sebelum tidur. Sejak 2 hari yang lalu Umur anak saya 3,5 tahun berat badan nya tidak sampai 10kg. Dan tidak mau bergaul dengan anak anak se usianya dan seperti malu atau takut jika keluar rumah.
577 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore HY,Adanya keluhan sering kencing seringkali dikaitkan dengan infeksi saluran kemih. Karena salah satu ciri infeksi saluran kemih adalah sering kencing atau kencing terasa tidak tuntas sehingga merasa ingin kencing terus menerus. Dan infeksi saluran kemih ini bisa dialami siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Pada anak-anak infeksi saluran kemih ini sering terjadi pada anak laki-laki yang belum dikhitan.

Penyebab anak sering kencing di malam hari:

  • Banyak minum saat makan malam.
  • Infeksi saluran kemih. Biasanya anak juga akan mengeluh nyeri saat kencing atau ujung penis tampak merah agak sedikit bengkak. Pada fase lanjut maka badan anak juga akan demam.
  • Kedinginan.
Untuk berat badan ideal anak usia diatas 3 tahun seharusnya berkisar 11,5-17 kg sehingga bila berat badan anak Anda hanya dibawah 10 kg saja maka tentu saja gizinya kurang dan perlu lebih diperhatikan asupan nutrisinya. Usahakan untuk memberi makan lebih banyak protein seperti ikan, ayam, telur atau daging dan batasi camilan yang tidak bergizi seperti keripik atau kerupuk.

Untuk mengatasi agar anak Anda tidak sering kencing saat malam hari adalah:

  • Batasi konsumsi minum saat makan malam, namun berikan air minum yang banyak saat pagi atau siang hari.
  • Gunakan jaket bila cuacanya sedang dingin dan hujan seperti sekarang ini.
  • Berikan minuman hangat bila anak Anda kedinginan.
  • Bersihkan area kelamin dengan benar. Pada anak perempuan Anda bisa membasuh kelamin dari arah depan ke belakang. Sedangkan pada anak laki Anda perlu membersihkan preputiumnya secara berkala.
Lakukan pemeriksaan ke dokter anak bila keluhan sering kencing ini semakin sering atau muncul demam atau urin yang bercampur dengan darah.Salam sehat,dr. Vina 
infeksi saluran kemihgizi anakgizi buruk
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil