Sering buang air kecil dan tidak terasa nyeri?

MD Info Penanya: MD, Wanita, 2019 Tahun
Dok,saya ingin bertany knp ya buang air kecil sya gak stabil selalu ingin buang air kecil trus mnerus ... Tapi tidak sakit dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MD

Terima kasih atas pertanyaannya.

Keluhan sering buang air kecil pada wanita, paling sering akibat ada infeksi atau radang di saluran kencing. Kondisi lainnya bisa juga kehamilan, diabetes atau gangguan ginjal. Infeksi saluran kencing tidak selalu terasa sakit, lebih sering tidak ada gejala lain sampai kondisinya lebih berat. Lokasi infeksi / radangnya bisa dimana saja dimulai dari ginjal, saluran penghubung ke kandung kemih, kandung kemih dan saluran keluar air kencingnya. Paling sering di saluran keluar dan kandung kemih. Pada wanita saluran keluar (uretra) lebih pendek dari laki-laki sehingga kejadiannya lebih sering. Dan sering disebabkan bakteri E.coli karena posisi dekat dengan anus sehingga wajib menjaga kebersihan setelah kencing. Cukup dengan sabun diluar saja, tidak usah menggunakan douche. Menjaga kebersihan juga penting sebelum dan sesudah berhubungan dengan pasangan.

Penanganannya dengan banyak minum air putih dan jangan menahan kencing. Proses kencing tersebut untuk mengurangi radang atau infeksi saluran kemih. Bila keluhan tetap ada, sebaiknya evaluasi lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Urologi. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan laboratorium darah, urine atau USG bila diperlukan. 

Anda juga dapat membaca artikel Kenali Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Oliguria adalah kondisi yang ditandai dengan kurangnya frekuensi berkemih atau jumlah urine yang terlalu sedikit

Oliguria adalah Gangguan Sulit Buang Air Kecil yang Bisa Melanda Anda

Oliguria adalah kondisi ketika jumlah urine Anda terlalu sedikit. Kondisi ini tak boleh dianggap remeh karena bisa jadi gejala dari penyakit tertentu. Karena itu, ketahui penyebab dan cara menanganinya dengan benar.