Sering buang air kecil apakah ada hubungan dengan infeksi saluran kencing?

AM Info Penanya: AM, Pria, 32 Tahun
Dulu saya pernah operasi usus buntu ringan dan dioperasi. Penyebab awalnya karena sering nahan buang kecilBegitu di operasi, sebulan sudah baikkan. Saat tindakan operasi dimulai, alat vital saya dipasangi selang untuk membuang air seni. Yang saya tanyakan, apakah ada hubungannya antara selang tersebut dengan infeksi saluran kencing karena setalh sembuh, dokter lain pernah bilang kalau saya terkan sakit tersebut. Keluhan yang saya rasakan yaitu sering buang kecil. Terimakasih Dok :)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AM,

Usus buntu adalah peradangan pada appendiks atau usus buntu yang penanganannya adalah operasi untuk mengangkat appendiks yang meradangan tersebut agar tidak pecah ataupun membuat infeksi di rongga perut. Pemasangan selang yang disebut dengan kateter itu sendiri dikarenakan saat operasi dilakukan bius epidural dimana pinggang kebawah akan lumpuh termasuk kemampuan mengontrol buang air kecil sehingga perlu dipasang kateter agar urine bisa tertampung.

Jika operasi dan infeksi saluran kemih terjadi dalam waktu berdekatan bisa menjadi salah satu pemicunya. Tetapi jika sudah lama dilakukannya maka keluhan yang timbul saat ini tidak disebabkan oleh pemasangan kateter tersebut. Sering kencing sendiri bisa dipicu karena asupan cairan yang cukup banyak, infeksi saluran kemih, efek obat tertentu ataupun ada kondisi medis lain yang memicu seperti misalnya riwayat diabetes.

Untuk itu jika sering kencing, merasa anyang-anyangan, nyeri perut bawah, urine menjadi lebih keruh atau bercampur darah maka perlu diperiksakan apa yang menjadi pemicunya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, tes urine ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Tetap jaga asupan cairan dan hindari menahan keinginan berkemih dan segera periksakan diri pada dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Warna urine yang berbeda-beda dapat dipengaruhi beberapa kondisi medis tertentu.

Makna di Balik Warna Urine Anda Secara Medis

Warna urine berbeda-beda karena berbagai faktor. Warna urine normal kuning muda hingga jernih. Sedangkan yang tidak normal berwarna oranye, merah, biru atau hijau, hingga cokelat gelap.