Bersin terus-menerus, apakah infeksi saluran napas atas ?

MS Info Penanya: MS, Pria, 37 Tahun
Sudah 2 bulan ini setiap 2 hari sekali , mengalami bersin bersin hanya sekali waktu , dlm 5 menit bisa 10 x bersin , dan kemudian kluar lendir bening , sejam kemudian baru reda dlm kurun waktu sejam tersebut mengalami nafas agak berat , setiap habis mandi keramas jg bersin2 jgApakah saya sedang mengalami infeksi saluran pernapasan atas ?Terima kasih atas jawabannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MSA.

Bersin terus menerus dapat merupakan gejala dari berbagai gangguan saluran pernapasan. Kendati bersin adalah respon normal tubuh untuk membersihakn jalan napas dari benda asing. Akan tetapi jika berlebihan maka mungkin telah terjadi suatu gangguan.

Adapun beberapa penyebab munculnya gejala bersin terus-menerus yang umum terjadi, diantaranya adalah :

  • reaksi alergi
  • reaksi anatar mata dan hidung (nasokuler)
  • infeksi saluran pernapasan atas
  • riwayat konsumsi jenis obat-obatan tertentu
  • polip hidung
  • dan lain-lainnya

Mengenai keluhan yang Anda alami, bersin-bersin yang terjadi mungkin berupa alergi jika terjadi pada waktu tertentu dan sudah berjalan cukup lama. Akan tetapi kemungkinan terjadiya infeksi saluran napas atas masih mungkin terjadi dan masih belum tertangani dengan tuntas sehingga berlansung cukup lama. Untuk memastikan diagnosis dan penyebab dari keluhan bersin-bersin pada Anda, tetap diperlukan pemeriksaan secara langsung yang lebih lanjut. 

Untuk sementara Anda dapat membantu meringankan gejala bersin dengan mengonsumsi obat antihistamin bergolongan bebas terbatas yang dijual di apotek. Anda dapat pula menggunakan cara alami, seperti mengonsumsi air rebusan jahe, yang dicampur dengan perasan lemon dan sedikit madu murni serta menghirup minyak esensial lemon dan peppermint.

Jika keluhan berlanjut, ada baiknya untuk Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter Spesialis THT.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batuk kering terus-menerus harus cepat ditangani karena bisa menjadi tanda bahwa ada penyakit serius

Hati-hati! Batuk Kering Terus-Menerus Tanda Penyakit Serius

Batuk kering terus menerus tidak boleh diremehkan karena bisa jadi ada masalah kesehatan yang serius, seperti kanker paru-paru, GERD, hingga infeksi saluran pernapasan atas.