Sering bersendawa setelah minum kopi apakah kendala maag ?

M Info Penanya: M, Pria, 2019 Tahun
hi dok , saya sering bersendawa setelah minum kopi , apakah saya ada kendala maag?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sendawa adalah proses pengeluaran gas dari dalam perut. Apabila terjadi setelah makan atau pada keadaan perut yang kenyang, sendawa merupakan hal yang normal dialami setiap individu. Namun, apabila sendawa terjadi bukan karena keadaan perut yang kenyang setelah makan dan terjadi terus menerus dapat merupakan salah satu gejala yang termasuk kepada gejala gangguan pencernaan atau yang dalam bahas medis disebut dengan sindroma dispepsia. Dispepsia sendiri dikenal oleh masyarat dengan sebutan maag atau penyakit asam lambung.  

Sindroma dispepsia dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti :
  • terlalu banyak mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung kafein (kopi, teh, coklat), alkohol, atau bersoda
  • mengonsumsi makanan yang sulit dicerna seperti makanan berlemak, berminyak dan yang mengiritasi seperti makanan pedas
  • merokok
  • makan terlalu banyak dan terlalu cepat
  • emosi tertentu seperti stres dan kecemasan
  • efek samping obat-obatan tertentu, seperti antibiotik dan pereda nyeri
  • suplemen tertentu seperti zat besi dan zink

Mengenai keluhan Anda yang bersendawa setelah minum kopi dapat terjadi karena banyaknya kandungan kafein pada kopi yang Anda konsumsi, atau konsumsi kopi yang terlalu banyak. Dimana beberapa kandungan kopi yang berupa kafein dan asam klorogenat dapat memicu produksi asam lambung dan produksi gas pencernaan yang berlebih sehingga mengakibatkan Anda mengalami sendawa atau gejala maag lainnya. Sementara disisi lain terdapat kandungan kopi lainnya yang tidak memicu bahkan menekan produksi asam lambung.

Maka, konsumsi kopi ini boleh saja dilakukan asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Berdasarkan hasil penelitian terbaru yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition, enam cangkir kopi dalam sehari merupakan jumlah maksimal seseorang mengonsumsi kopi. Dan sebaiknya tidak diberi gula atau pemanis yang  berlebih.

Apabila Anda masih ragu, ada baiknya Anda mengonsultasikannya ke dokter Spesialis Gizi. Dan apabila keluhan sendawa ataupun keluhan gangguan pencernaan lainnya berlanjut sebaikya hentikan dahulu konsumsi kopi, konsumsilah larutan jahe dan bubuk kayu manis, serta membiasakan konsumsi larutan perasan lemon di pagi hari saat perut kosong. Jika keluhan gangguan pencernaan tidak membaik, sebaiknya Anda periksakan ke dokter. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala asal lambung naik yang paling umum terjadi adalah heartburn

Kenali 7 Gejala Asam Lambung Naik agar Bisa Diatasi dengan Tepat

Gejala asam lambung naik atau gastroesophageal reflux disease (GERD) bisa ringan dan parah. Mulai dari heartburn, mulut terasa asam, rasa pahit di belakang mulut, kesulitan menelan, hingga batuk-batuk. Meski tidak bisa disembuhkan, GERD bisa dikendalikan agar tak terus mengganggu penderitanya.