Sering berdahak di pagi hari

SM Info Penanya: SM, Wanita, 26 Tahun
Dok setiap pagi saya selalu mengeluarkan dahak, kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SM,

Dahak merupakan usaha tubuh untuk mengumpulkan iritan yang menggangu tubuh agar bisa dikeluarkan dari tubuh dengan cara dibatukkan keluar. Faktor-faktor yang dapat menimbulkan dahak adalah:

  1. Infeksi bakteri, virus, parasit yang ada di tenggorokan atau di paru-paru.
  2. Asam lambung yang meningkat ke tenggorokan akan dianggap sebagai benda asing atau iritan yang perlu dibuang, sehingga pada penderita asam lambung yang meningkat (GERD) maka sering muncul keluhan batuk berdahak yang tidak sembuh-sembuh dengan pengobatan obat batuk biasa.
  3. Iritasi tenggorokan akibat makan makanan yang mengandung banyak bumbu-bumbu penyedap, gorengan.
  4. Lingkungan dengan udara yang tidak bersih.

Untuk menghindari iritasi tenggorokan agar tidak sering muncul dahak dapat dilakukan beberapa cara seperti banyak minum air putih setelah mengkonsumsi  makanan yang mengandung banyak bumbu penyedap, gorengan, pemanis buatan, gunakan masker saat aktivitas diluar ruangan, makan secara teratur dan hindari makanan pedas untuk menghindari asam lambung yang meningkat.

Bila keluhan dahak menetap hingga disertai darah, rasa panas di tenggorokan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita GERD kerap mengalami naiknya asam lambung hingga tenggorokan hingga menyebabkan rasa terbakar

Ciri-Ciri Asam Lambung Naik, Alarm Bagi Penderita GERD

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah penyakit gangguan asam lambung. Pada penderita GERD, ciri-ciri asam lambung naik bisa beragam, mulai dari batuk kronis, bau napas tidak sedap, hingga sensasi terbakar di dada.