02 Jun 2020, 00:00Kulit & Kelamin

Kenapa sering bentol dimalam hari?

AE
Info Penanya: AE, Wanita, 26 Tahun
AssalamualaikumSelamat malam dokter , mohon izin konsul. Beberapa hari belakangan ini saya sering bentol tiba-tiba lebih sering di bagian kaki (belakang lutut/ paha, betis) dan tangan (lengan atas & bawah) . Tidak ada riwayat alergi baik makanan atau lainnya. Bentol2 nya tidak hanya bintik merah tapi langsung bentol besar dan kadang ngeblok .. Kadang tiba2 tanpa disadari kelopak mata juga ikut membengkak padahal tidak gatal , dan hanya sebelah. Mohon arahannya dokter . sehat selalu ^_^ .
53861 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat sore AE,Bentol pada kulit adalah keluhan yang bisa terjadi akibat beberapa penyebab dimana yang tersering adalah akibat biduran. Biduran sendiri bisa dipicu oleh paparan alergen seperti udara dingin, debu, asap rokok, polusi, makanan atau minuman tertentu, bulu hewan, bahan pakaian dan lainnya.Apabila timbul gatal dan bentol hanya di beberapa bagian tubuh bisa juga disebabkan oleh peradangan kulit atau disebut dengan dermatitis kontak. Untuk itu perlu memperhatikan apa yang jadi penyebab timbulnya gejala tersebut, karena jika kembali terpapar akan dapat menimbulkan kembali gejala atau kambuh-kambuhan.

Cara mengatasi biduran

Untuk mengatasi biduran dan gejala yang timbul bisa dilakukan beberapa cara seperti:
  • Hindari pemicu timbulnya gatal
  • Mandi dengan air biasa atau air dingin agar alergen yang menempel bisa lepas
  • Obati dengan minum antihistamin untuk menghilangkan gejala seperti minum obat chlorpheniramine maleat
  • Gunakan juga losion calamine untuk meredakan rasa gatal
Periksakan pada dokter atau dokter kulit jika keluhan sering kali kambuh atau timbul reaksi alergi berat seperti bengkak kelopak mata, bibir, timbul sesak napas, keringat dingin, ataupun sampai pingsan. Apabila kesulitan mengidentifikasi penyebab alergi, maka bisa dipertimbangkan untuk melakukan tes alergi. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan kulitbiduranalergi dingin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil