Kenapa anak sering batuk & muntah muntah?

R1 Info Penanya: R1, Pria, 1 Tahun
Assallamuallaikum ,salam.Maaf saat ini anak usia 7 thn sedang sakit saya sebagai ayah sangat kwatir,Sakit yg di alami yaitu batuk,dada terasa sesak & juga suka muntah", pertanyaan saya sakit apakah anak saya & apa obatnya.Sekian & terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R,

Keluhan yang anak Anda alami bisa disebabkan oleh asam lambung yang meningkat (GERD), atau adanya infeksi pada paru-paru seperti pneumonia karena batuk yang sudah terlalu lama tidak tertangani dengan baik, atau adanya asma.

Bila keluhan sesak napas disertai dengan muntah-muntah, maka kemungkinan mengarah ke gangguan lambung, karena asam lambung yang meningkat juga bisa merangsang batuk, dan napas terasa berat.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk menangani keluhan anak Anda adalah :

  1. Hindari makanan pedas, asam, santan, kanji, ketan, soda.
  2. Berikan antacid 30 menit sebelum makan untuk meredakan mual.
  3. Berikan air jahe hangat untuk mengurangi mual.
  4. Usahakan minum lebih banyak untuk mengencerkan dahak.

Namun bila dirasakan batuk atau sesak semakin berat atau sudah berlangsung lebih dari 3 hari, anak tampak lemas sebagai tanda dehidrasi, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau Rumah Sakit terdekat agar anak Anda segera ditangani.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lendir di tenggorokan dapat menganggu sistem pernapasan.

Lendir di Tenggorokan Tak Kunjung Hilang? Ini Cara Meredakannya

Lendir di tenggorokan adalah kondisi produksi lendir menumpuk di tenggorokan. Banyak minum air putih merupakan salah satu cara membersihkan lendir tanpa obat.