Testis sebelah kiri lebih turun apakah normal?

SG Info Penanya: SG, Pria, 1 Tahun
dok mau tanyak dok jadi testis saya sebelah kiri dan kanan tidak sama dok sebelah kiri lebih turun kebawah dok dbndingkam sbelah kanan tpi tidak di sertai sakit dok apakah tu dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SG,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Testis atau buah zakar merupakan salah satu organ reproduksi yang penting bagi laki-laki. Karena testis berfungsi untuk menghasilkan sperma. Normalnya testis ada 2 terletak di kanan dan kiri. Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, merupakan hal yang normal jika ke dua testis terletak tidak sejajar. Kebanyakan letak testis kiri memang lebih rendah dari pada yang kanan.

Hal tersebut bertujuan agar ke dua testis tidak saling bersentuhan dan menimbulkan rasa nyeri. Namun harus dipastikan bahwa tidak ada kelainan yang ada pada testis seperti bengkak dan nyeri.

Beberapa kelainan pada testis yang mungkin saja timbul :

  1. Hernia skrotalis 
    Testis terisi usus sehingga tampak besar dan bengkak
  2. Hidrokel
    Testis berisi cairan sehingga membesar
  3. Varikokel
    Pelebaran pembuluh darah disaerah testis
  4. Orchitis
    Peradangan pada buah zakar

Jika pembesaran testis disertai nyeri yang sangat hebat, bahkan hingga nyeri sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter urologi untuk penanganan dan pengobatan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AN*
02 Sep 2020, 13:30
Assalamualaikum dok, maaf nih mau nanya, testis turun sebelah, trus kalo duduk ga nyaman, karna kedudukin mungkin, itu bisa sembuh ga dok, bahaya ga sih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
03 Sep 2020, 08:11
Selamat pagi AN,
Perlu di ketahui bahwa normalnya testis memang tidak berukuran sama, sehingga jika salah satu testis turun ke bawah masih normal. Yang perlu di waspadai jika terjadi bengkak disalah satu testis di sertai dengan nyeri bahkan demam, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter urologi. Karena bisa jadi karena gejala salah satu penyakit tertentu seperti hidrokel, hernia, varikokel atau ssebab lainnya.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Blue balls adalah kondisi ngilu akibat orgasme tertunda

Ngilu Pada Testis, Apa Itu Blue Balls?

Blue balls adalah ngilu pada testis. Secara medis disebut epididymal hypertension. Blue balls diakibatkan orgasme yang tertunda sehingga terjadi penumpukan darah di pembuluh darah sekitar testis. Selain ngilu, blue balls disertai rasa gatal.