Serangan stroke, apakah dapat sembuh total?

L Info Penanya: L, Wanita
dok, ibu saya sudah beberapa kali mengalami serangan stroke dan sekarang kondisinya ada mulut miring, mata kiri tidak tertutup rapat, bicara kurang jelas, dan baru-baru ini mengalami pendarahan di kepala. Nah, dok, pertanyaan saya adalah apakah ibu saya bisa kembali seperti sedia kala, dok? Apa yang harus saya lakukan ya untuk membantu penyembuhannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Stroke merupakan penyakit dimana pembuluh darah otak mengalami gangguan berupa sumbatan atau pecah yang mengakibatkan perdarahan. Faktor risiko yang menyebabkan seseorang stroke adalah tekanan darah tinggi, diabetes, kadar kolesterol atau asam urat yang tinggi, sumbatan di pembuluh darah jantung, kegemukan, kebiasaan merokok, dll.

Penanganan atau pengobatan stroke idealnya harus diberikan dalam waktu kurang dari 6 jam untuk mencegah kerusakan otak semakin parah, semakin cepat penanganan akan semakin baik kemungkinan pulihnya.

Pada kasus ibu Anda dimana sudah berulang kali mengalami stroke dan yang terakhir mengalami stroke perdarahan dan saat ini masih tersisa keluhan mulut miring, mata kiri tidak tertutup rapat, bicara kurang jelas seperti sulit bila ingin kembali pulih seperti sedia kala.

Yang dapat Anda lakukan adalah melatih ibu Anda secara berkala dan melakukan fisioterapi secara rutin untuk mencegah kekakuan dan berharap pelan-pelan ada perbaikan. Selain itu ibu Anda juga perlu menjaga pola makan seperti kurangi makanan manis dan asupan garam, hindari makanan berlemak dan minum obat secara teratur untuk mencegah kemungkinan stroke berulang. Serta lakukan kontrol rutin ke dokter saraf.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit jantung dan kesehatan mental adalah penyakit yang saling memengaruhi satu sama lain

Hubungan Penyakit Jantung dan Kesehatan Mental Ternyata Sangat Erat

Penyakit jantung dan kesehatan mental ternyata saling memengaruhi satu sama lain. Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental berisiko terkena penyakit jantung, begitu juga sebaliknya.