08 Mar 2021, 22:15Kandungan

Berhubungan saat haid, risiko hamil?

AS
Info Penanya: AS0
Dok maaf sebelumnya saya kan melakukan hubungn sma suami saya tidak sadar lagi haid..pas dikeluarin dari kelamin suami ada darah haid nya apa itu ga pa2? Terus apa bisa hamil dok? Makasih
188 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, ASTerima kasih atas pertanyaannya.Secara medis, hubungan intim saat haid tidak ada larangannya karena hubungan intim saat haid dapat mempercepat siklus haid, mengurangi sakit atau kram perut saat haid.  Namun tentunya selain efek positif ada risiko yang mungkin akan terjadi. 

Risiko hubungan intim saat mengalami haid :

  • Risiko terjadinya kehamilan masih mungkin terjadi terutama bila mengalami haid tidak teratur dan ovulasi pendek.Sperma itu sendiri ketika masuk ke rahim dapat bertahan hingga 5-7 hari di di dalam rahim.  Sehingga ketika terjadi ovulasi dini, sperma dapat membuahi sel telur. 
  • Risiko penularan infeksi karena saat wanita haid, leher rahim akan lebih terbuka sehingga adanya penetrasi berisiko menyebarkan infeksi hingga ke rahim.
Untuk itu, sebaiknya pastikan kapan waktu anda haid sehingga saat berhubungan intim tidak bertepatan saat haid.  Ketika berhubungan intim tidak menggunakan kontrasepsi tetap ada kemungkinan untuk terjadinya kehamilan walaupun tidak sebesar ketika tidak haid.  Untuk memastikannya anda dapat lakukan tes kehamilan atau testpack ketika mengalami keterlambatan haid siklus berikutnya.  Anda dapat gunakan pilihan kontrasepsi jika Anda dan pasangan masih ingin menunda memiliki anak. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidhubungan seksualhaidtes kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil