17 Feb 2021, 04:15Mata

Apakah bintik putih di mata perlu dioperasi?

HR
Info Penanya: HR, Wanita0
Dok kata ortu saya wktu lahir sya normal .nah pas wktu di mandiin nenek katanya mata sy gatau kecolok gatau kena sabun .. nah sesudah kejadian begitu mata sy keluar nanah truss darah ..wktu itu mau operasi tpi masih bayi ..nah sampe skrg mata hitam sy ditengahnya ada bulat putih ..jdi sy tidak melihatnya cuma merasakan saja? Itu apakah bisa di operasi atau diobati mohon di jawab y dok umur sy skrg 22 tahun
509 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, HRTerima kasih atas pertanyaannya.Mata merupakan salah satu organ vital dalam mengatur penglihatan manusia sehingga adanya gangguan di mata dapat menganggu pula penglihatan seseorang.  Bintik putih pada mata merupakan tanda adanya gangguan di mata.

Penyebab bintik putih di mata :

  • Ulkus kornea. Adanya luka di kornea dapat berisiko hilangnya penglihatan bila tidak ditangani.  Kondisi ini sering terjadi pada pengguna lensa kontak, riwayat cedera pada mata, dan mengalami peradangan pada kornea.
  • Katarak dapat terjadi karena tumpukan protein pada lensa mata sehingga menganggu proyeksi penglihatan ke retina. Katarak umumnya terjadi pada usia lanjut namun riwayat cedera, kelainan dari lahir, diabetes juga dapat menimbulkan katarak.
  • Adanya pertumbuhan jaringan di mata yang disebut pingekuela atau pterygium.
  • Kanker mata.
Terkait yang anda tanyakan, adanya kelainan di mata akibat cedera masa kecil sebenarnya perlu ditindak lanjuti secepat mungkin untuk mengetahui apakah kondisi mata dapat ditangani dengan pemberian obat-obatan atau memang memerlukan operasi.  Untuk itu, periksakan kondisi mata anda pada dokter spesialis mata.  Dokter mata akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut lalu akan memberikan pilihan penanganan tergantung kondisi mata anda saat diperiksa. Saat ini, hindari mengucek mata untuk mencegah infeksi lanjutan, gunakan kacamata ketika berada diluaran untuk mencegah paparan benda asing, hindari penggunaan lensa kontak. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
katarakpenyakit matagangguan matakatarak traumatik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil