Apakah terlambat haid bisa dikatakan hamil?

SU Info Penanya: SU, Pria, 22 Tahun
Mohon dijawab dok .. Biasanya saya haid di awal2 bulan , tapi stlh brhbungan di pertengahan bulan saya haid lagi di akhir bulannya , jadi sebulan 2x haid , trus siklus haid saya berubah jadi akhir bulan .. Dan stlh berhubungan ditanggal 20juni saya haid di akhir bulan juni , tpi sampe tanggal skrng belum haid , apakah bisa dibilang saya hamil ? Trima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Cara yang dilakukan seorang wanita untuk dapat mengetahui siklus haidnya adalah dengan cara menghitung hari pertama haid pada bulan ini sampai dengan hari pertama haid pada periode berikutnya. Seorang wanita dapat dikatakan memiliki siklus haid yang normal apabila siklusnya berikisar antara 21 hari hingga 35 hari. Dengan rata-rata wanita bersiklus 28 hari. Siklus haid yang terlambat kerap kali dikaitkan dengan kehamilan, selain itu banyak beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur.

Kondisi yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur yaitu:

  • Adanya gangguan hormon
  • Adanya masalah dengan organ reproduksi wanita
  • Diet terlalu ektsrim dan menyebabkan berat badan berubah secara mendadak
  • Berat badan tidak ideal
  • PCOS
  • Stres
  • Kelelahan
  • Efek samping dari KB hormonal

Terkait dengan pertanyaan Anda perlu diketahui bahwa tanda pasti dari kehamilan adalah hasil positif dari tes kehamilan, hasil pemeriksaan fisik dan juga hasil pemeriksaan USG kehamilan oleh dokter spesialis kandungan. Selain itu, perlu juga dipastikan perdarahan yang muncul beberapa hari setelah Anda melakukan hubungan seksual tersebut merupakan darah haid ataukah perdarahan implantasi.

Perdarahan implantasi adalah perdarahan pada awal kehamilan yang terjadi karena embrio atau calon janin menempel pada dinding rahim. Untuk itu, apabila siklus haid Anda mengalami keterlambatan (lebih dari 35 hari) sebaiknya lakukan tes kehamilan untuk mendeteksi kehamilan. Periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat apabila hasil tes kehamilan positif, atau siklus haid masih belum lancar.

Hindarilah stres dan kelelahan dengan beristirahat cukup, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, lakukan olahraga ringan agar badan sehat dan bugar untuk dapat membantu siklus haid kembali lancar.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara kuat di ranjang dapat diraih dengan olahraga dan makan sehat

Lupakan Obat Kuat, Berikut Cara Kuat di Ranjang Secara Alami dan Menyehatkan

Sebelum mengonsumsi obat, sebaiknya lakukan beberapa cara kuat di ranjang yang lebih alami. Diantaranya adalah dengan latihan kardiovaskular, konsumsi asam lemak omega 3, makan pisang, hingga senam kegel