Saat ejakulasi keluar darah, kenapa?

BE Info Penanya: BE, Pria, 24 Tahun
Dok saya mau tanya, sudah 2 kali ini saya setiap berhubungan dengan istri wktu ejakulasi yg keluar malah darah bukan sperma, itu kenapa ya dok? Dan saya tidak merasakan gejala atau merasa sakit ketika itu terjadi... Minta pencerahannya dok ... Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, BE.

Ketika seorang pria mencapai ejakulasi, pria akan mengeluarkan cairan sperma. Cairan sperma biasanya berwarna putih susu kekuningan, dengan konsistensi yang tidak terlalu cair sampai kental. Adanya darah yang keluar saat ejakulasi adalah hal yang tidak normal, dan disebut sebagai hematospermia.

Penyebab kondisi hematospermia di antaranya adalah:

  • Infeksi pada organ kelamin atau saluran kemih
  • Penyakit menular seksual seperti gonore atau klamidia
  • Cedera pada pembuluh darah, terutama pembuluh darah penis dan organ-organ reproduksi pembentuk sperma
  • Penyakit lainnya seperti hemofilia
  • Melakukan aktivitas seksual secara berlebihan
  • Pasca vasektomi

Apabila Anda mengalami hematospermia, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis urologi. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan menentukan penyebab pasti dari kondisi Anda. Apabila diperlukan, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti urine rutin, analisis sperma, atau USG prostat. Setelah mengetahui penyebabnya, dokter kemudian akan memberikan terapi yang sesuai, seperti misalnya antibiotik untuk infeksi.

Hindari dulu berhubungan seksual untuk sementara waktu ya, karena bisa membuat keluhan semakin parah. Jaga kondisi Anda agar tidak stres, dan segera diperiksakan agar tidak timbul komplikasi, ya.

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengetahui mitos dan fakta seks, membantu Anda mencegah penyakit dan kehamilan yang tidak diinginkan

Mitos dan Fakta Seks yang Harus Anda Kenali

Seks menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan. Bahkan berhubungan seks juga ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Walau begitu, ada beberapa mitos mengenai seks, yang menyesatkan dan tentunya berbahaya. Berikut ini beberapa mitos dan fakta seks yang perlu Anda ketahui.