Golongan darah antara orangtua dan anak

AP Info Penanya: AP, Wanita, 16 Tahun
Hai dok,saya ingin bertanya seputar golongan darah.Ayah saya memiliki golongan darah O dan ibu saya memiliki golongan darah B,tetapi mengapa saya bisa memiliki golongan darah A+?.Dan sebelumnya sya sudah memastikan tidak ada yang salah dari golongan ayah,ibu,dan sya dok.Jadi sya ini anak siapa dok? Bagaimana bisa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, APK.

Golongan darah adalah pengelompokan tipe darah berdasarkan jenis antigen yang ditemukan pada permukaan sel darah merah seseorang. Antigen sendiri merupakan bagian dari sistem imunitas tubuh yang bertugas mengindentifikasi zat atau benda asing yang memiliki potensi berbahaya bagi tubuh. Zat atau benda asing tersebut dapat dihancurkan oleh sistem imunitas tubuh jika terdeteksi.

Golongan darah sendiri terbagi menjadi empat jenis menurut sistem ABO, yakni :

  • golongan darah A, dengan antigen A
  • golongan darah B, dengan antigen B
  • golongan darah AB, dengan antigen A dan B
  • golongan darah O, tanpa antigen A dan B

Dan sistem rhesus yang menggolongkan pada dua tipe yaitu rhesus positif dan negatif.

Mengenai pertanyaan Anda, pada pernikahan golongan darah O dan B yang keduanya tidak memiliki antigen A tidak memungkinkan menghasilkan keturunan yang bergolongan darah A. Namun kesalahan pada pemeriksaan mungkin saja dapat terjadi, tidak hanya pada pemeriksaan yang Anda lakukan, tetapi bisa juga pada pemeriksaan pada Ayah Anda atau Ibu Anda.

Maka ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan golongan darah ulang bagi ketiga anggota keluarga, untuk memastikan kebenaran dari semua golongan darah anggota keluarga agar tidak terjadi kesalahpahaman yang lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Golongan darah AB hanya bisa mendonorkan darahnya bagi sesama golongan AB saja.

Segala Fakta Menarik Di Balik Golongan Darah AB

Golongan darah AB disebut sebagai penerima darah universal karena dapat dengan aman menerima transfusi darah dari golongan darah manapun, baik O, A, B, atau AB.