12 Mar 2021, 18:01Kandungan

Terlambat menstruasi setelah hubungan intim, apa penyebabnya?

NR
Info Penanya: NR0
Hai dok. Izin bertanya, saya terakhir menstruasi tgl 6 februari. Dan tanggal 21 saya berhubungan badan tetapi mengeluarkan spermanya di luar. Biasanya saya mens itu tepat waktu dan kadang juga telat hingga dua puluh hari baru kemudian mens. Dan sekarang sudah tgl 10 maret tetapi saya belum juga mens, apakah ini telat mens atau bagaimananya dok?
198 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, NRTerima kasih atas pertanyaannya.Menstruasi terjadi karena adanya perluruhan dari jaringan dinding rahim karena tidak terbentuknya janin akibat sel telur yang tidak terbuahi.  Jaringan dinding rahim yang meluruh akan disertai dengan darah dan lendir untuk dikeluarkan melalui liang vagina.  Siklus menstruasi berjalan 21-35 hari sekali.  Ketika menstruasi kurang dari 21 hari atau malah tidak menstruasi lebih dari 35 hari sekali termasuk telat menstruasi atau gangguan siklus menstruasi.

Penyebab terlambat menstruasi :

  • Obesitas atau terlalu kurus.
  • Kehamilan.
  • Menyusui.
  • Penggunaan KB hormonal.
  • Stres dan sering begadang.
  • Gangguan pada rahim.
  • Kelainan pada hormon tiroid.
Hubungan intim tanpa pengaman dengan ejakulasi di luar tetap berpotensi kehamilan karena ada kemungkinan sperma menetes atau terdapat cairan praejakulasi yang pria tidak sadari keluar saat ereksi dan aktivitas seksual.  Pada cairan praejakulasi ini dapat mengandung sperma.  Sehingga dapat memasuki rahim dan bertahan 5-7 hari di dalam rahim.  Untuk itu, karena ada riwayat berhubungan intim sebaiknya lakukan testpack ketika mengalami telat haid lebih dari 10 hari dan pastikan dengan pemeriksaan USG oleh dokter spesialis kandungan untuk melihat adanya kantung kehamilan.  Adanya kemungkinan terjadinya kehamilan tentu menjadi kabar yang ditunggu oleh setiap pasangan suami istri.  Jaga asupan makan sehat, perbanyak air putih, istirahat cukup, serta hindari stres untuk menjaga kesehatan tubuh.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
hubungan seksualkehamilantes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil