Kenapa haid tidak teratur setelah melahirkan?

DD Info Penanya: DD
Hallo dokter,, saya melahirkan secara cesar dan nifas nyaa pun tdak smpai 40 hari hanya 2 minggu saja,, di bulan berikut nyaa sy tidak haid smpai bulan k 3..Di bulan k 4 dan 5 saya haid dok..Dan di bulan k 6 saya kembali tidak haid dok,, krna bayi saya skrg usia 6 bln..Dan saya menyusui asi ekslusif..Apakah sirklus nyaa blom normal dok??Dan untuk normal nyaa pd saat kapan?Terimakasih dokter..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, D.

Haid adalah kondisi alamiah yang dialami oleh wanita usia subur secara teratur. Mekanisme terjadinya haid dipengaruhi oleh hormon-hormon tubuh yang memiliki keterkaitan satu sama lain, seperti estrogen, progesteron, FSH, LH, dan hormon-hormon lainnya. Apabila ada satu atau lebih hormon yang berubah, maka siklus haid juga akan berubah.

Pada saat hamil, hormon akan mengalami perubahan, yang menyebabkan seorang wanita menjadi tidak haid. Kondisi ini akan berlangsung sampai pascapersalinan. Pasalnya, hormon tubuh tidak serta-merta kembali normal setelah persalinan, melainkan butuh waktu. Rentang waktu rata-rata seorang wanita haid lagi setelah persalinan adalah 3-10 minggu.

Apabila Anda sudah sempat haid setelah persalinan, namun berhenti kembali, ada kemungkinan pengaruh dari hormon yang belum normal. Ditambah lagi Anda menyusui, yang juga memengaruhi hormon dan bisa menyebabkan tidak haid. Adalah normal apabila wanita yang menyusui baru mendapatkan haid secara teratur 18-24 bulan setelah persalinan.

Tetapi, kemungkinan lainnya bisa juga terjadi kehamilan, atau karena penggunaan kontrasepsi, kenaikan atau penurunan berat badan, kurang tidur, atau stres. Oleh karena itu, untuk memastikan, Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum pil KB dan menjaga berat badan dapat membantu mempercepat menstruasi

7 Cara Agar Cepat Menstruasi yang Aman Dilakukan

Tidak dapat diprediksi kapan akan datang, cara aman untuk mempercepat menstruasi adalah dengan minum pil KB atau vitamin c, berolahraga, atau kompres air hangat.