11 Oct 2021, 08:33Kandungan

Melahirkan secara sesar, apakah bisa menggunakan kartu KIS ?

SS
Info Penanya: SS0
assalamualaikum dok saya mau bertanya kalau misalkan saya mau operasi caesar tapi belum punya kartu keluarga sendiri , ktp belum di perbarui , dan ingin memakai bpjs pemerintah (kis) apakah masih bisa dipakai atau harus di perbarui dulu ?? terimakasih sebelum nya dok
82 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, S.Kartu Indonesia Sehat atau kartu KIS adalah jaminan kesehatan yang diberikan pemerintah bagi masyarakat secara gratis. Kartu KIS dapat digunakan untuk pelayanan kesehatan termasuk melahirkan secara sesar jika sesuai indikasi dari dokter.

Apakah melahirkan secara sesar bisa menggunakan kartu KIS ?

Mengenai pertanyaan Anda apakah operasi caesar bisa menggunakan kartu KIS atau tidak? Jawabannya adalah bisa. Jika operasi caesar memang merupakan indikasi medis dari dokter kandungan seperti janin sunsang, panggul sempit, tekanan darah tinggi, bayi kembar, letak plasenta di bawah dan menghalangi jalan lahir.Kartu KIS dapat digunakan jika kartu dalam keadaan aktif walau Anda belum memiliki kartu  keluarga sendiri dan KTP belum diperbarui. Tetapi untuk mengurus akte kelahiran bayi, tetap diperlukan KTP orangtua kandung, KK terbaru, surat keterangan lahir, surat nikah, fotocopy KTP saksi yang melihat proses melahirkan. Jadi sebaiknya Anda tetap mengurus KTP dan KK terbaru ya. Anda dapat bertanya secara langsung maupun online ke BPJS mengenai status kartu KIS Anda.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
bpjs kesehatanbpjs ibu hamiltrimester ketiga kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil