Sperma yang menempel di celana dalam, apakah bisa menyebabkan kehamilan ?

MA Info Penanya: MA, Pria, 19 Tahun
Mau bertanya dok,saya berhubungan denga lawan jenis tapi masih pake celana dalam dan terus keluar cairan sperma nempel di celana dalam cewe apakah bisa hamil ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MA.

Dalam hubungan seksual, sperma dapat dikeluarkan di dalam maupun di luar alat reproduksi wanita. Metode pengeluaran sperma diluar alat reproduksi wanita dikenal juga dengan istilah ejakulasi diluar. Metode tersebut umumnya dilakukan untuk menunda kehamilan bagi pasangan yang belum siap memiliki anak.

Namun demikian, metode tersebut ternyata tidak dapat sepenuhnya mencegah terjadinya kehamilan. Hal tersebut terjadi karena, masih mungkinya terkandung sperma pada cairan pra-ejalukasi atau cairan yang dikeluarkan sebelum terjadinya ejakulasi. Pengeluaran cairan tersebut umumnya tidak disadari dan tidak dapat dikendalikan. Oleh dari itu peluang kehamilan masih tetap ada walaupun ejakulasi dilakukan diluar alat reproduksi wanita.

Sedangkan terkait pertanyaan Anda tentang cairan sperma yang menempel di celana dalam apakah dapat menyebabkan kehamilan jawabannya sangat kecil. Perlu diketahui bahwa melalui penelitian disebutkan bahwa sperma dapat hidup diluar tubuh selama sekitar 20-60 menit. Namun ketahanan tersebut bergantung pada air mani pembawanya. Jika air mani yang membawa sperma tersebut segera mengering pasca ejakulasi, maka sperma tidak dapat berfungsi kembali. Keadaan tersebut dipengaturi juga oleh berbagai faktor di lingkungan sekitar seperti paparan cahaya, udara, dan permukaan bagian tubuh atau benda saat sperma dikeluarkan. Apabila sperma dikeluarkan pada kain atau permukaan yang cepat menyerap maka tentu tidak akan bertahan lama.

Agar dikemudian hari tidak terjadi berbagai kekhawatiran, apabila belum siap menghadapi kehamilan, ada baiknya untuk tidak melakukan aktivitas yang mengarah.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil palsu merupakan gangguan psikologis

Penyebab Kehamilan Palsu yang Sering Membingungkan Orang-orang

Hamil palsu adalah kondisi seorang yang wanita merasakan adanya bayi saat mereka tidak sedang mengandung. Hal ini umumnya terjadi karena masalah psikologis.