Apakah ukuran kepala janin normal?

AS Info Penanya: AS, Wanita, 2 Tahun
Dok,mau nanya...Saya usg pda usia 7bulan ukuran kpala janin sya kok 7,12 cm sedangkan pas usg 8bulan ukuran kepala janin saya 8,21 cm terus kemren saya usg 9bulan ukuran kepala jin saya 8,55cm ..apakah itu masih termasuk normal dok.kata dokter kandungan saya masih termasuk normal karna ukuran kepala janin dan badan bayi itu setara/sama dok.tolong penjelasannya dok.terimakasi,??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AS,

Pemeriksaan USG kehamilan adalah salah satu pemeriksaan penting dimana dengan melakukan USG dapat diketahui perkembangan dan pertumbuhan janin, jenis kelamin janin, taksiran usia kehamilan dan taksiran persalinan, perkiraan berat janin, kondisi air ketuban, kondisi letak plasenta ataupun juga mendeteksi ada tidak nya kelainan pada kehamilan.

Beberapa pengukuran yang penting diperiksakan pada pemeriksaan USG adalah seperti:

  • Ukuran Biparietal Diameter (BPD) atau ukuran jarak tulang pelipis kiri dan kanan yang bisa menggambarkan ukuran kepala 
  • Head Circumference (HC) atau ukuran keliling kepala
  • Femur Length atau ukuran panjang tulang paha
  • Abdominal Circumference (AC) atau ukuran lingkar perut
  • Gestasional Age (GA) atau usia kehamilan
  • Estimate due date (EDD) atau taksiran persalinan

Dari pengukuran inilah nantinya mesin USG akan melakukan kalkulasi dan bisa menaksir baik berat janin, usia kehamilan, taksiran partus dan pengukuran lainnya.

Pada usia kehamilan memasuki bulan kesembilan sendiri normalnya ukuran BPD adalah antara 84-90 mm atau 8,4-9,0 cm, jadi saat ini ukuran BPD atau ukuran kepala janin ibu masih termasuk normal. 

Tetap jaga kondisi kesehatan dan perhatikan adanya kontraksi palsu yang mulai sering terjadi dan perhatikan juga tanda-tanda persalinan yang bisa timbul. Karena jika sudah memasuki minggu ke 37 kehamilan, usia kehamilan sudah matang dan bisa terjadi persalinan kapan saja. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi alkohol saat hamil dapat meningkatkan risiko cacat bawaan

3 Pantangan Ibu Hamil demi Pertumbuhan Janin yang Sehat

Janin yang mengalami PJT (Pertumbuhan Janin Terhambat) memiliki risiko selama masa kehamilan, masa persalinan, dan setelah janin dilahirkan. Untuk menghindari kondisi ini, ada beberapa pantangan selama kehamilan yang harus Anda patuhi.