07 Mar 2021, 21:23Kandungan

Apakah setelah suntik KB 3 bulan bisa hamil kembali ?

AW
Info Penanya: AW0
malam dok saya mau menyanyakan seputar KB suntik,setelah saya lahiran anak pertama setelah anak usia 3 bln saya baru mulai KB suntik 1 bulan sampai anak saya 2 th an,terus saya ganti KB suntik 3 bulan (baru 2x) saya harusnya suntik 3 bulan lg tanggal 11 january 2021 kmrn (yang 3x) tp saya sudah mulai tdk KB,tetapi sampai sekarang jg saya belum haid?apakah jangka nya lama ya dok untuk saya bisa mendapatkan haid kembali?karena saya ingin nambah momongan lagi dok,apakah bs hamil walau blm haid do
204 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, A.Salah satu metode penggunaan alat kontrasepsi yang praktis digunakan oleh wanita adalah suntikan KB. Suntik KB terdiri dari 2 jenis dimana yang pertama merupakan kombinasi hormon esterogen dan progesteron, wanita suntik setiap 28 hari sekali, sedangkan jenis suntikan KB lainnya setiap 3 bulan yang hanya mengandung hormon progestin saja. 

Apakah setelah suntik KB 3 bulan bisa hamil kembali ?

Salah satu efek samping suntik KB 3 bulan yang dirasakan kebanyakan wanita adalah siklus haid menjadi terganggu bahkan tidak haid hingga berbulan-bulan walau suntik KB telah dihentikan. Wanita bisa hamil kembali setelah suntik KB 3 bulan walau belum datang haid jika terjadi ovulasi dimana saat ovulasi ada hubungan seksual yang membuat sperma membuahi sel telur. Namun hubungan seksual di waktu yang tepat dalam masa subur sulit ditentukan. Untuk mengembalikan hormon menjadi stabil kembali setelah penggunaan KB suntik 3 bulan, Anda sebaiknya menerapkan pola hidup sehat, menjaga berat badan ideal, melakukan olahraga secara konsisten, melakukan senam kegel, makan makanan sehat, tidak merokok maupun minum alkohol, konsumsi obat penyubur seperti asam folat dan vitamin E 1 x 1 capsul setiap hari.Jika haid tidak kunjung datang walau sudah menerapkan hidup sehat bersama pasangan, belum kunjung hamil setelah 1 tahun lepas KB, segera lakukan pemeriksaan di dokter spesialis kandungan.Tetap emnagat.Semoga segera diberikan keturunan kembali.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari. 
meningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil