Kenapa sering nyeri saat buang air kecil dan ada sel epitel dalam urine?

A Info Penanya: A
Slmat siang....dsini saya ingin bertanya saudara saya mengalami nyeri saat buang air kecil dan sering sekali buang air kecil...bahkan sampai sakit perut dibagian bawah kanan tembus kepanggul...namun ketika di tes urin hasi tes urin baik kata dokternya...yang saya ingin tanya kan ad kata disitu SEL EPITEL POSITIF 1+ it apa artinya ya?...terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Nyeri saat buang air kecil atau sering di sebut disuria dalam istilah medis merupakan rasa sakit atau tidak nyaman yang berhubungan dengan buang air kecil. Gejala disuria bervariasi, seperti rasa nyeri seperti terbakar, pedih atau gatal-gatal.

Beberapa penyebab rasa nyeri saat buang air kecil:

  1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)
  2. Batu di Kandung Kemih
  3. Batu Ginjal
  4. Infeksi Klamidia
  5. Prostatitis
  6. Herpes Genital

Sel epitel adalah sel yang berasal dari permukaan tubuh. Sel ini berfungsi sebagai penghalang antara bagian dalam dan luar tubuh. Peran utama yang paling penting adalah melindungi bagian tubuh dari virus. Sebenarnya, bila dalam hasil tes urin tertera positif sel epitel, tandanya dalam urin memang ada sejumlah sel epitel. Namun hal ini termasuk normal dan wajar jika jumlah sel epitelnya tidak terlalu banyak. Namun jika sel epitel dalam urin tersebut banyak, kemungkinan ada suatu masalah yang terjadi. Hal ini bisa menandakan bahwa Anda mengalami infeksi, penyakit ginjal atau kondisi medis lainnya.

Tetap jaga kebersihan organ intim Anda dan juga konsumsi makanan bergizi cukupi kebutuhan sayur dan buah. Jika keluhan tidak kunjung membaik sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis urologi untuk mencari diagnosis pasti sehingga bisa ditentukan pengobatan yang tepat.

Semoga bermafaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pengobatan batu ginjal bergantung pada ukuran dan jenis batu yang terbentuk

Dari Batu Ginjal Kecil Hingga Pengobatan Alami, Inilah Pilihan Pengobatan Batu Ginjal

Pengobatan batu ginjal bergantung pada ukuran dan jenis batu yang terbentuk. Batu ginjal berukuran kecil dapat diobati dengan obat dan produk-produk alami. Mengonsumsi cukup air putih 8 gelas sehari dan kacang merah dapat mengurangi batu ginjal. Bahkan, minum jus lemon dapat mencegah pembentukan batu ginjal.