Apa penyebab darah haid hitam?

AM Info Penanya: AM, Wanita, 1 Tahun
Malam dok, saya baru satu hari haid dok, tapi, Darah haid saya sekarang berbeda dengan darah haid sebelumnya, warnanya menghitam dan menggumpal dan ketika di tekan darah itu tidak menjadi merah, apakah ini wajar ketika seseorang baru menikah soalnya saya baru satu bulan menikah,Mohon pencerahannya dok, terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pada saat menstruasi, tubuh akan akan mengeluarkan jaringan dan juga darah dari rahim lewat vagina. Darah yang dikeluarkan bervariasi warnanya. Mulai dari merah terang, cokelat tua, dan hitam. 

Darah haid berwarna hitam biasanya muncul di awal atau akhir siklus menstruasi. Darah haid bisa berwarna hitam karena darah ini mengendap lama di dalam rahim sehingga mengalami proses oksidasi. Ini merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, darah haid yang berwarna hitam bisa menjadi indikasi bahwa terjadi penyumbatan dalam vagina.

Selain itu, ada pula beberapa kondisi medis yang menyebabkan darah haid berwarna hitam, yaitu:

  • Terdapat objek asing yang mengendap di vagina. Biasanya berupa kondom hingga mainan seks.
  • Lochia (perdarahan yang muncul pasca melahirkan).
  • Darah haid yang tertahan.
  • Implantasi. 

Terkait dengan gejala Anda ini, bisa saja itu hal yang normal tetapi bisa juga kemungkinannya karena salah satu kondisi medis diatas. Untuk itu, kondisi Anda ini sebaiknya diobservasi dulu. Jika saat Anda haid di bulan depan masih seperti ini, maka sebaiknya segera berobat ke dokter kandungan agar dapat diperiksa lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan dengan folat, bisa menambah fungsi hemoglobin di dalam tubuh.

Mengenal Fungsi Hemoglobin, Si "Pengantar" Oksigen ke Seluruh Tubuh

Layaknya supir pribadi, fungsi hemoglobin sangatlah penting dalam mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh Anda. Bagaimana penjelasan ilmiahnya?