Bayi satu bulan menyusu tumpah dan hanya masuk 45-60 ml, apakah normal ?

E Info Penanya: E, Wanita, 19 Tahun
Malam dokSaya mau konsul soal bayi perempuan usia 1bln 1mingguBb lahir 3,2kg smsatu bulanya cuman 3,9kgMau nanya kenapa ya baby saya kalau minum susu bisa berantakan/ tumpah melele dr mulutnya, dimana saya jg uda ganti botol susu kejadian jg ms sama? Saya memberikan susu formula.N skrg dia minum susunya 45-60ml apakah normal dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, E.

Bayi berusia satu bulan umumnya belum memperlihatkan banyak kemampuan, karena pada usia tersebut bayi membutuhkan lebih banyak waktu tidur untuk perkembangannya, yakni sebanyak 15-16 jam perhari. 

Hal lainnya seperti cara dan pola menyusu serta perkembangan panca inderanya juga masih dalam penyesuaian, tetapi beberapa hal sudah dapat berkembang walau kemampuannya masih terbatas.

Terkait dengan pertanyaan Anda mengenai cara menyusu bayi, kejadian tumpah tersebut masih dapat normal terjadi jika tidak terlalu sering, namun, apabila setiap menyusu tumpah, mungkin perlekatan mulut bayi dan dot masih belum sempurna dan dibutuhkan dot yang lebih cocok atau pas untuk mulut bayi Anda.

Sedangkan untuk kebutuhan susu bayi satu bulan yang diberi susu formula, umumnya memang lebih jarang dari bayi yang menyusu ASI, yakni setiap 3-4 jam sekali dengan kebutuhan 45-90 ml setiap kali menyusu. Jika bayi volume menyusu bayi Anda setiap kalinya masih dalam rentang tersebut umumnya masih dalam batas yang normal.

Kecukupan pemberian susu juga dapat dievaluasi dari berat badan bayi, apakah pertambahannya sesuai dengan usianya atau tidak. Umumnya pada usia satu bulan pertamanya bayi membutuhkan kenaikan berat badan sekitar 500 gram dari berat lahirnya. Hendaknya untuk senantiasa menimbang dan mengurkur tinggi anak Anda untuk memastikan perkembangannya telah sesuai atau belum.

Untuk keterangan lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter Spesialis Anak.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh E
27 Mar 2020, 23:05
Cukup jelas dan lengkap penjelasanya. Hanya agak lama dalam balasanya. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
30 Mar 2020, 07:06
Terima kasih atas masukannya, E. Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berbeda dari ASI, susu formula dipercaya sebagai susu bayi yang bikin gemuk karena bisa meningkatkan nafsu makan.

ASI Vs Susu Formula, Manakah Susu Bayi yang Bikin Gemuk?

Susu formula dinilai sebagai susu bayi yang bikin gemuk Si Kecil karena beberapa kandungan gizi di dalamnya. Sebaliknya, ASI dapat menurunkan risiko kelebihan berat badan pada anak. Seperti apa penjelasannya?