Apakah pasca kuretase sebabkan vagina longgar?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
nama siti maryam dok saya habis kuret 4 minggu dari sekarang,pertanyaan saya kenapa vagina saya terasa longgar apa gara2 alat spekulum dok,,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

 

Vagina longgar merupakan keluhan yang banyak diutarakan oleh para ibu pasca melahirkan ataupun keguguran. Pada kondisi normal vagina longgar terjadi pada saat wanita sedang mengalami menstruasi. Pada dasarnya vagina merupakan organ reproduksi yang elastis. Otot-otot vagina dapat meregang ketika ada sesuatu benda yang masuk dan akan kembali ke bentuk semula saat benda tersebut keluar.

Faktor risiko yang dapat menyebabkan vagina terasa longgar adalah ketika selesai melahirkan dan semakin bertambahnya usia. 

Gejala yang muncul ketika vagina terasa longgar adalah sebagai berikut:

  1. Tidak kuat untuk menahan buang air kecil saat sedang batuk, tertawa, dan bersin.
  2. Sulit untuk mencapai orgasme saat berhubungan seksual.
  3. Udara yang masuk ke vagina saat berhubungan seksual dapat meningkat.
  4. Sulit untuk memuaskan pasangan karena pasangan sulit mencapai klimaks.

Untuk mengatasinya Anda dapat melakukan latihan senam kegel secara rutin atau bisa juga menggunakan vaginal cone. Jika sudah melakukan cara tersebut namun keluhan yang Anda tidak membaik maka konsultasikan kepada dokter kandungan untuk mendapat penanganan yang tepat ya.

Perihal spekulum yang digunakan saat proses kuretasi pada umumnya tidak menyebabkan vagina menjadi longgar permanen. Hal ini hanya terjadi ketika spekulum sedang dimasukkan kedalam vagina namun ketika dikeluarkan kembali otot-otot vagina akan kembali ke kondisi semula.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sperma cair dapat mengganggu kesuburan pria

5 Penyebab Sperma Cair

Sperma cair adalah kondisi di mana cairan sperma tidak kental seperti biasanya. Hal ini sering dikaitkan dengan kemandulan pada pria. Padahal tidak melulu demikian. Ada beberapa penyeban sperma cair, diantaranya adalah cairan praejakulasi, terlalu sering ejakulasi,hingga ejakulasi retrogade. Temukan penyebab lainnya di sini.